Sunday , July 22 2018
Home / Berita / Bukit Asam Pasang Target Volume Penjualan Batubara Tumbuh 51%
Foto : ptba.co.id

Bukit Asam Pasang Target Volume Penjualan Batubara Tumbuh 51%

Jakarta – PT Bukit Asam (persero) Tbk (PTBA) pada tahun ini mengincar volume penjualan batubara sebesar 29,17 ton. Nilai ini mengalami pertumbuhan sebesar 51% atau naik 51% dibanding penjualan tahun lalu yang hanya mencapai 19,10 juta ton. Hingga kuartal pertama tahun ini, perusahaan pelat merah ini berhasil mencapai angka penjualan batu bara sebanyak 5,23 juta ton atau tumbuh 14% ketimbang volume penjualan di tahun lalu yang bertengger di angka 4,57 juta ton.

Sekretaris PErusahaan Bukit Asam Joko Pramono mengungkapkan volume produksi dan pembelian batu bara juga diproyeksikan naik 37% menjadi 28,32 juta ton dari sebelumnya 20,74 juta ton. “Kuartal pertama tahun lalu volume penjualan batubara terbagi atas 2,91 juta ton di domestik dan 2,32 juta ton untuk ekspor,”katanya, Kamis (14/4).

Sedangkan untuk angkutan kereta api dari lokasi tambang menuju Pelabuhan Tarahan di Bandar Lampung dan Dermaga Kertapati di Palembang pada kuartal pertama 2016, kata Joko, tercatat sebesar 4,28 juta ton atau naik 19% dibanding tahun sebelumnya sebesar 3,59 juta ton. Hal tersebut didukung dengan mulai beroperasinya TLS 4 atau Alat Pemuat Batubara ke Gerbong Kereta Api di Tanjung Enim untuk meningkatkan kapasitas pengiriman pada April 2016. “Selanjutnya, empat RCD di Pelabuhan Tarahan telah mampu membongkar empat rangkaian gerbong batubara secara bersamaan,” tuturnya.

Disamping itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga sudah menyelesaikan pembangunan rel double track dari lokasi tambang di Tanjung Enim hingga ke Prabumulih, dimana sebelumnya PT KAI sudah melakukan tambahan lokomotif dan gerbong batubara PT KAI tahun ini sebesar 23,7 juta ton atau naik sekitar 50% dari tahun sebelumnya sebesar 15,79 juta ton.

“Dan dengan sendirinya, Pelabuhan Tarahan juga dapat beroperasi penuh sesuai dengan kapasitasnya sebesar 25 juta ton per tahun,” pungkasnya. (wh)

Check Also

BEI Percepat Penyelesaian Transaksi di Bursa

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *