Saturday , May 26 2018
Home / Berita / Others / Perkuat Program Edukasi, LPS Gandeng UGM

Perkuat Program Edukasi, LPS Gandeng UGM

Jogjakarta-Meski industri perbankan sejauh ini sudah demikian berkembang di Indonesia, harus diakui bahwa pengetahuan masyarakat terhadap seluk-beluk layanan perbankan masih cukup awam. Misalnya ketika terjadi gangguan terhadap sebuah bank, kerap kali masyarakat panik dan terpancing untuk melakukan penarikan dana besar-besaran dari bank. Padahal bila dipahami secara benar, langkah penarikan dana besar-besaran tersebut malah memantik permasalahan lain yang justru lebih fatal.

Guna memperluas pemahaman masyarakat, Lembaga Penjamin Simpanan bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) terkait program edukasi tentang kinerja penjaminan simpanan. Sasaran program ini adalah peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di UGM baik di satuan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi, dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia perbankan. “Pemahaman yang baik terhadap program penjamin simpanan akan membuat masyarakat tidak panik jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada banknya,” papar Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah, di sela penandatanganan kerjasama, yang dilakukan di Kampus UGM, Jogjakarta. Hadir juga dalam penandatanganan, Kepala Eksekutif LPS, Fauzi Ichsan dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM, Paripurna.

Hingga Maret 2016, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah membayar klaim simpanan nasabah bank sebesar Rp.775 miliar (2005 sd Maret 2016) untuk nasabah dari 69 bank yang telah dilikuidasi (1 bank umum dan 68 BPR), sedangkan aset LPS per Februari 2016 mencapai Rp.67,30 triliun (unaudited). (ata)

Check Also

Megapolitan Developments Siap Terbitkan Obligasi Rp150 Miliar

JAKARTA – PT Megapolitan Developments Tbk (EMDE) tengah mengkaji rencana penggalangan dana di pasar modal. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *