Tuesday , October 16 2018
Home / Berita / Bayar Utang, Fajar Surya Wisesa Cari Dana Lewat Pasar Modal

Bayar Utang, Fajar Surya Wisesa Cari Dana Lewat Pasar Modal

JAKARTA – PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) berencana menggalang dana melalui pasar modal atau Rigts Issue. Rencananya, perusahaan bakal menerbitkan 500 lembar saham baru dalam aksi korporasinya tersebut.

“Rencana penerbitan saham baru atau rights issue melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sudah mendapat persetujuan dari pemegang saham,” Corporate Secretary PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW), Marco Hardy, Rabu (29/11/2017).

Ia menjelaskan, bahwa dana dari hasil rights issue tersebut akan digunakan sebagian untuk pembayaran utang perseroan. “Selain itu, dana juga akan digunakan untuk pengembangan, penambahan modal kerja, dan juga untuk meningkatkan tingkat likuiditas kami di pasar,” imbuhnya.

Kendati demikian, perseroan belum menentukan besaran dana yang diincar dari aksi korporasinya ini serta harga pelaksanaannya. Namun yang jelas tujuan utamana adalah untuk mengurangi jumlah liabilitas serta rasio utang terhadap ekuitas alias debt to equity ratio (DER) menjadi di bawah satu kali.

“Kami belum ada tanggal pasti pelaksanaan rights issue. Yang pasti, akan dilaksanakan dalam setahun ke depan. Kami akan melihat kondisi pasar dulu sebelum menentukan waktunya,”ungkapnya.

Per September 2017 total liabilitas FASW sebesar Rp5,93 triliun, dengan rincian utang bank sebesar Rp1,14 triliun, utang jangka pendek sebesar Rp336,33 miliar, utang jangka panjang sebesar Rp2,85 triliun, dan liabilitas pajak tangguhan sebesar Rp295,77 miliar. Adapun jumlah ekuitasdi periode ini sebesar Rp3,12 triliun, menjadikan DER perseroan berada di angka 1,28 kali. (AHM)

Check Also

JLL: Permintaan Ruang Perkantoran di Kuartal III 2018 Tetap Positif

Jakarta – JLL, lembaga penyedia jasa manajemen real estate dan investasi menyatakan bahwa pasar perkantoran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *