Thursday , September 20 2018
Home / Berita / Pegadaian Terus Garap Bisnis Hotel

Pegadaian Terus Garap Bisnis Hotel

Jakarta – PT Pegadaian (Persero) terus melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah bisnis lain diluar jasa gadai. Setelah sukses dengan usaha jasa jual beli emas, tabungan emas dan gadai emasnya, kali ini perusahaan tengah memacu pendapatan lain yang berasal dari segmen bisnis property.

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Pegadaian Teguh Wahyono mengatakan saat ini perusahaan memiliki dan mengelola 9  unit hotel yang dioperasikan melalui entitas anak, PT Pesonna Indonesia Jaya. Ke sembilan hotel ini tersebar di beberapa lokasi, diantaranya adalah di Makassar, Surabaya, Semarang, Gresik, Jogjakarya, Pekalongan dan Pekanbaru.

“Okupansinya beragam, ada yang sudah mencapai 60% juga,” katanya di Jakarta, Selasa (21/11).

Lebih lanjut dirinya mengatakan bisnis hotel ini baru dimulai pada tahun 2016 lalu. Hingga akhir tahun ini pendapatan yang didapatkan dari lini bisnis baru ini juga masih tergolong kecil, yakni sekitar Rp50 miliar.

Namun pada tahun 2018 mendatang Teguh optimistis Pegadaian dapat mendulang pendapatan dari bisnis anyar ini sekitar Rp100 miliar atau tumbuh dua kali lipat dari proyeksi tahun ini. Mulai stabilnya kondisi ekonomi dan politik bakal menjadi katalis positif bagi tumbuh kembangnya bisnis hotel perusahaan.

Meski begitu, Teguh mengakui Pegadaian belum berencana menambah jumlah kepemilikan hotelnya. Pasalnya aset berupa tanah idle yang sedari dulu memang bakal disulap menjadi lahan perhotelan mengalami perubahan rencana.

Perseroan rencananya bakal menjadikan aset idle tersebut menjadi gudang ataupun tempat penampungan logistik untuk memudahkan jalur distribusi. Pasalnya kedepannya perseroan berencana melakukan revitalisasi gudang dan logistisk sekaligus menambah channeling distribusi dan pemasaran melalui jalur keagenan.

Check Also

Dana Asing Menguap Rp1,55 Triliun di Agustus 2018

Jakarta – Transaksi investor asing sepanjang bulan Agustus 2018 tercatat net sell atau melakukan jual …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *