Monday , July 16 2018
Home / Berita / Tingkatkan Jumlah Investor, BEI Bikin Program “Desa Nabung Saham”

Tingkatkan Jumlah Investor, BEI Bikin Program “Desa Nabung Saham”

JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkomitmen untuk menggenjot jumlah investor di pasar modal. Tidak hanya di kota besar saja, BEI juga mengadukasi calon investor hingga pelosok daerah Indonesia Timur.

Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan‎ mengatakan, Bursa bakal mencanangkan program Desa Nabung Saham di Timika maupun di Lombok Tengah dalam waktu dekat ini. Ditengah program Yuk Nabung Saham yang ditunjang adanya galeri investasi dengan menyasar generasi milineal.

“Lebih dari 316 perguruan tinggi di 310 perguruan tinggi (Universitas). Ada yang punya lebih dari 1 galeri investasi,” kata Nicky ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (21/11).

Selain di Indonesia Timur, kata Nicky, Bursa juga sudah membangun desa nabung saham di Aceh. Untuk di tanah Sabang, bursa sudah merealisasikannya pada Oktober lalu. “Kami juga mulai luncurkan desa nabung saham Oktober di Aceh udah,” ungkap Nicky.

 

Pada tahun ini, BEI menargetkan tahun ini akan ada sebanyak 630 ribu invetor saham. Sementara hingga saat ini jumlah investor sudah mencapai 618 ribu. ‎Untuk investor reksa dana, hingga saat ini telah mencapai 1,09 juta investor. Angka itu jauh lebih meningkat jika dibanding dua tahun lalu.

‎”Setelah diluncurkan yuk nabung saham November 2 tahun lalu, ada peningkatan dari sekitar akhir desember 2015, sampai 430 ribu. Sudah hampir 50 persen peningkatannya selain dari sisi tambahan jumlah investor aktif juga pertumbuhan rata-rata perbulan 100 ribu dari tahun lalu 78 ribu,” terang Nicky.

Meski demiian, lanjut dia, komposisi investor masih didominasi oleh pelaku pasar yang memiliki usia 20-30 tahun. Sedangkan kaum millenial masih sedikit.‎ “Para kaum milenial saya rasa ada sekitar 30 lebih. Frekuensi ada peningkatan enggak hanya tambah investor tapi juga yang bertransaksi nambah,” tukas Nicky. (AHM)

Check Also

Infrastruktur Buka Peluang Pertumbuhan Sektor Perumahan

Jakarta -Masifnya pembangunan infrastruktur saat ini diprediksi mampu mendorong sektor perumahan bertumbuh lebih tinggi lagi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *