Saturday , May 26 2018
Home / Berita / Ratusan Ribu Warga Turut Serta Mudik Bareng BUMN 2018

Ratusan Ribu Warga Turut Serta Mudik Bareng BUMN 2018

JAKARTA-Program Mudik Bareng BUMN 2018 rupanya mendapat respon yang sangat bagus dari masyarakat. Hingga akhir April 2018 lalu saja, jumlah pemudik yang mendaftar tercatat telah mencapai sebanyak 206.119 orang, atau telah melebihi target dari Kementerian BUMN yang dipatok sebanyak 200 ribu orang. “Ini menjadi bukti, bahwa kebersamaan BUMN bersama masyarakat semakin meningkat,” kata Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Samal di Jakarta, Selasa (15/5).
Menurut Hambra, program Mudik Bareng BUMN 2018 berangkat dari semangat sinergi antar BUMN hadir untuk negeri dalam melayani masyarakat. Tujuan digelarnya mudik bareng adalah untuk menekan penggunaan kendaraan roda dua untuk mudik, sehingga mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Program Mudik Lebaran Bareng BUMN ini dikatakan Hambra merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan selama empat tahun. Pada tahun ini, program ini melibatkan 62 BUMN dengan 108 kota tujuan, baik di wilayah barat hingga timur Indonesia. Tak hanya jumlah peserta, jumlah kota tujuan mudik tahun ini juga meningkat menjadi 108 kota tujuan, atau meningkat sekitar 28 persen dibanding tahun 2017.

Selama ini tujuan program mudik BUMN cenderung hanya ke kota-kota di Pulau Jawa dan Lampung, namun sekarang kota tujuan meliputi kota di Pulau Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi. Mudik Bareng BUMN 2018 akan menggunakan moda transportasi bus sebanyak 1.920 bus, 18 kapal laut PT Pelni, dan 11 rangkaian kereta api. Menurut rencana, Menteri Rini Soemarno dijadwalkan akan melepas pemudik pada 9 Juni 2019 di Parkir Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta. Untuk mempermudah koordinasi antar-BUMN dan pendaftaran para pemudik, Jasa Raharja telah meluncurkan aplikasi dan website Mudik Bareng BUMN, yakni http://mudik.bumn.go.id. Lewat situs tersebut, warga bisa memantau kegiatan dan pendaftaran para calon pemudik dari masing-masing BUMN yang dibuka mulai periode April sampai dengan Juni 2018.(ART)

Check Also

BAZNAS Luncurkan Zakat Virtual Assistant

Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (“Baznas”) menjaga komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas serta inovasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *