Wednesday , August 22 2018
Home / Berita / BEI Percepat Penyelesaian Transaksi di Bursa

BEI Percepat Penyelesaian Transaksi di Bursa

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta didukung oleh Anggota Bursa, Bank Kustodian, Bank Pembayaran, Bank Indonesia, dan Pelaku Pasar lainnya merilis penerapan Siklus Penyelesaian Transaksi Bursa dari T+3 menjadi T+2.

BEI pun menyatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan antisipasi dalam penerapan penyelesaian percepatan transaksi tersebut
“Kita harus antisipasi kemungkinan default atau kegagalan penyerahan saham. Karena, transisi pemendekan settlement ini memang harus ada waktu pembiasaan,” ucap Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi, di Jakarta, Kamis (19/7).

Selain mengantisipasi ketersediaan efek pada pelaksanaan penyelesaian percepatan transaksi nantinya, dikatakan dia kalau BEI pun harus mengantisipasi untuk mencegah gagal serah akibat penumpukan saham pada 26 November 2018 mendatang.

“Kami bersama para pelaku dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang pastikan ketersediaan pinjam-meminjam efek. Kita akan gandeng seluruh pihak terkait seperti intermediary dan para nasabah institusi,” jelas Hasan.

Akan tetapi, menurutnya, jika ketersediaan saham yang dapat dipinjam oleh investor atau pelaku usaha menjadi yang paling penting.

“Ketersediaan barang harus ada. Nanti kita siapkan landable pool, jadi ada semacam keranjang barang yang bisa dipinjam dan dilihat jauh-jauh hari,” ucap Hasan.

Meski demikian, Ia juga mengatakan jika para pelaku pasar telah menyatakan kesiapan atas percepatan transaksi yang akan dilaksanakan pada 26 November 2018 nanti. “Anggota bursa (AB), Payment Bank juga sudah nyatakan kesiapan,” pungkasnya. (Jeff)

Check Also

Aryaputra Teguharta Bakal Gugat OJK dan BEI Terkait Sengketa Saham BFIN

Jakarta – PT Aryaputra Teguharta (APT) yang mengaku kehilangan kepemilikan saham 32,32 persen di PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *