Thursday , April 18 2024
Home / Berita / ICDX: Pemerintah Harus Serius Tangani Broker Ilegal

ICDX: Pemerintah Harus Serius Tangani Broker Ilegal

Jakarta – Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia meminta pemerintah untuk lebih serius meregulasi keberadaan broker yang memediasi transaksi bursa berjangka melalui situs-situs online ilegal.
Menurut Direktur Utama ICDX, Lamon Rutten, pemerintah Indonesia harus segera mengatur perdagangan bursa komoditas untuk mengurangi kerugian investor akibat memanfaatkan transaksi melalui situs online yang ilegal.
“Kami perkirakan ada lebih dari 100 website ilegal yang digunakan broker untuk menarik nasabah dalam bertransaksi di bursa berjangka,” kata Lamon dalam diskusi ‘Peran ICDX dalam Membangun Industri Berjangka’ di Jakarta, Kamis (19/7).
Dia mengungkapkan, regulasi yang kuat dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappepti) akan menciptakan bursa komoditas yang efisien dan transparan.
“Tetapi, pemerintah (Kementerian Perdagangan) harus siap aksi menjalankan regulasi itu,” paparnya.
Lebih lanjut Lamon menjelaskan, tanpa adanya transparansi dan efisiensi akan memicu investor berpindah-pindah pasar (situs bursa berjangka). “Jadi, pemerintah harus secra tegas dan jelas meregulasi bursa berjangka, agar ada kepercayaan di pasar. Sekarang regulasi di Indonesia belum optimal,” imbuhnya.
Dia berharap, investor bursa berjangka masuk ke ICDX yang lebih transparan dan efisien. “Kami akan membawa investor-investor itu ke ICDX. Kami juga bersama pemerintah akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada mereka. Komoditas kami yang paling aktif adalah timah, ada juga gold, minyak bumi, CPO serta forex,” tuturnya. (Jeff)

Cek juga

SIG Salurkan Bantuan dan Santunan di 7 Provinsi dalam Rangkaian Safari Ramadan 1445 H

Jakarta, Lantaibursa.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kembali menggelar kegiatan Safari Ramadan untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *