Thursday , September 20 2018
Home / Berita / KEIN Ajak Pelaku Industri Bersatu untuk Rupiah

KEIN Ajak Pelaku Industri Bersatu untuk Rupiah

Jakarta – Untuk menyiasati pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) mengajak pelaku industri, khususnya industri tekstil untuk mengonversi valuta asing hasil ekspornya ke mata uang rupiah. Bahkan KEIN melalui ketuanya, Soetrisno Bachir menyuarakan gerakan #BersatuUntukRupiah demi menguatkan nilai tukar mata uang rupiah.

“Gerakan #BersatuUntukRupiah merupakan wujud ekonomi Pancasila, di mana esensinya adalah gotong royong. Gotong royong pelaku usaha bersama pemerintah dan otoritas moneter untuk memperbaiki performansi rupiah,” jelas Soetrisno Bachir saat peluncuran gerakan #BersatuUntukRupiah di PT Citra Abadi Sejati yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Sabtu (8/9).

Menurutnya, pemerintah tidak bisa hanya bergantung pada solusi jangka panjang karena dampaknya tidak dapat terasa dalam waktu yang singkat. Solusi jangka pendek yang bisa dilakukan, adalah dengan menahan dana investor dan dunia usaha agar mengendap di Tanah Air.

Kebijakan tersebut, lanjut dia, bisa dilakukan oleh Bank Indonesia dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan menaikkan suku bunga sehingga investor mau menaruh dananya di Indonesia. Adapun untuk solusi jangka panjang, Soetrisno Bachir memandang, perlu dilakukan pengembangan foreign direct investment (FDI) yang berorientasi ekspor. Hal ini bertujuan untuk dapat merangsang pengembangan sektor tersebut, di samping pemberian insentif, sehingga para investor semakin berminat.

“Gerakan #BersatuUntukRupiah ini akan saya lanjutkan ke pengusaha-pengusaha lainnya, seperti sawit dan sebagainya agar kita bersatu untuk rupiah,” pungkasnya.

Check Also

Dana Asing Menguap Rp1,55 Triliun di Agustus 2018

Jakarta – Transaksi investor asing sepanjang bulan Agustus 2018 tercatat net sell atau melakukan jual …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *