Thursday , October 1 2020
Home / Berita / Lippo Divestasi Saham SILO ke CVC Capital Partners
RS Siloam Hospitals

Lippo Divestasi Saham SILO ke CVC Capital Partners

Jakarta-PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dalam waktu dekat bakal melakukan aksi korporasi berupa penawaran umum terbatas saham (PUT). Aksi ini dilakukan untuk memperluas jaringan rumah sakit Siloam Hospital. Meskipun belum mendapat restu dari pemegang saham, sudah ada standby buyer yang siap menampung seluruh atau sebagian saham yang nantinya akan ditawarkan Siloam. PT Megapratama Karya Persada (MKP) bersama CVC Capital Partners Asia Pasific IV Limited (CVC) yang merupakan perusahaan private equity global melalui anak usahanya Prime Health Company Limited (PHC) mengaku siap berinvestasi sebesar 15% di PT Siloam International Hospitals (SILO).

Rencananya CVC akan membeli saham induk usaha SILO, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dan PT Ciptadana Securities. Diharapkan, proses transaksi tersebut rampung pada Desember 2016.

Direktur Keuangan Siloam, Buddi Legowo mengatakan bahwa pihaknya memiliki banyak rencana untuk memperkuat dasar pertumbuhan serta meningkatkan produktivitas, efisiensi dan pendapatan perusahaan.

“Ini adalah peluang yang bagus untuk berinvestasi di sektor layanan kesehatan di Indonesia yang permintaannya terus berkembang tapi belum terpenuhi. Siloam akan berada pada posisi yang baik untuk berkembang dan mendapatkan manfaat dari pertumbuhan di masa yang akan datang,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (29/8).

Sementara itu Presiden Direktur Lippo Karawaci, Budi Ketut Wijaya mengatakan bahwa dana hasil penjualan saham lama tersebut akan dipergunakan untuk memperluas jaringan rumah sakit Siloam. “Dana yang diperoleh dari PUT akan digunakan Siloam untuk membiayai ekspansi proyekk rumah sakit dan modal kerjanya,” terangnya.

Budi menuturkan, investasi di Siloam ini merupakan kemitraan ketiga yang dilakukan oleh CVC dan Grup Lippo. Sebelumnya Lippo dan CVC telah berinvestasi bersama di PT Matahari Department Store Tbk (MPPL) di tahun 2010 dan PT Link Net Tbk (LINK) pada 2011.

“Kami berkomitmen untuk terus memperluas dan memperkuat jaringan rumah sakit Siloam secara nasional. Kemitraan dengan CVC akan menwujudkan cita-cita ini menjadi kenyataan lebih cepat dan pasti. Pada saat yang bersamaan, transaksi ini akan meningkatkan jumlah saham Siloam yang beredar sehingga akan memperluas basis pemegang saham Siloam, terutama akan meningkatkan likuiditas saham Siloam. Saya gembira melihat kuatnya minat terhadap Siloam,” ucapnya.

Managing Partner dan Co-head wilayah Asia CVC menyebutkan, grup Lippo telah sukses membangun bisnis berskala besar. Baik grup Lippo dan Siloam berkomitmen untuk mengembangkan jaringan layanan kesehatan berkelas dunia di Indonesia. “Kami percaya Siloam akan memberikan pelayanan kesehatan yang baik dengan terus membangun jaringanrumah sakit dalam skala dan lingkup yang baik di Indonesia. Kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk bermitra dengan grup Lippo serta berkontribusi untuk pertumbuhan layanan kesehatan di Indonesia,” sebutnya

Check Also

Barito Pacific Siapkan Rp1 Triliun Untuk Aksi Buyback Saham

JAKARTA – PT Barito Pacific Tbk (BRPT) berencnana melakukan pembelian kembali saham perseroan (buyback). Adapun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *