Friday , February 22 2019
Home / Berita / Dukung Program Sejuta Rumah, BTN Akan Sasar Kelompok Informal
Booth BBTN di sebuah pameran properti di Jakarta. Laba BBTN per triwulan III/2016 mencapai Rp1,6 triliun, melambung hingga 32,6 persen dibanding capaian pada periode sama tahun sebelumnya.

Dukung Program Sejuta Rumah, BTN Akan Sasar Kelompok Informal

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) berkomitmen mendukung program pemerintah untuk merealisasikan program “Satu Juta Rumah” yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2015 lalu. Untuk tahun 2016, BTN menargetkan penjualan rumah hingga 570.000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Dengan langkah dan strategi yang kami lakukan, BTN optimis target tersebut akan tercapai,” tegas Maryono, Direktur Utama BTN, di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Dalam upaya merealisasikan target tersebut, BTN bakal memperluas segmen pembeli rumah yakni para pekerja informal. Artinya, BTN berusaha mewujudkan cita – cita pekerja informal yang ingin memiliki rumah yang layak.

“Kedepan, kami tidak hanya fokus pada pekerja formal dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja. Kami juga menyasar para pekerja informal seperti pedagang bakso, sayur dan lain – lainnya supaya dapat memiliki rumah yang layak,” ucap Maryono.

Maryono menjelaskan, sekitar 40% dari penduduk Indonesia masuk kelompok pekerja formal, dan sisanya sebesar 60% masuk informal. Melihat fakta tersbut, BTN optimistis kalau penjualan perumahan ke masyarakat menengah ke bawah masih menjanjikan dan mampu mengikuti arahan pemerintah dalam mewujudkan program satu juta rumah.

“Kalau masuk yang kelompok formal, kami sudah keluarkan atau sudah berjalan, dan itu bagi pekerja yang gajinya dibawah Rp 4,5 juta per bulan. Kemudian, untuk yang informal akan segera kami luncurkan. Jadi, kalau BTN ingin ngedongkrak program sejuta rumah, yah harus sasar kelompok informal,” pungkasnya.

Maryono mengaku, pihaknya hingga akhir Juni ini telah merealisasikan pembangunan rumah kurang lebih 220 ribu unit. Jika melihat angka dari target, masih ada 350 unit rumah hingga akhir tahun ini yang belum direalisasikan.

Masih dalam rangka meweujudkan program sejuta rumah, BTN bakal melakukan beberapa program kerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang properti. Diantaranya, Real Estate Indonesia, Asosisasi Pengembang Perumahan, Permukiman Indonesia, serta Perum Perumnas.

Selain itu, BTN juga melakukan program housing finance centre untuk percepatan, yang bekerjasama dengan MBA ITB untuk melahirkan program Mini MBA ITB. Program ini ditujukan membentuk para developer baru.

“Bulan ini pertama kali kami akan melakukan training atau kursus. Kami harapkan untuk satu tahun kurang, akan mencetak dua ribu sampai lima ribu developer baru. Kami juga baru mengajak mitra kerja dengan PNM (PT Permodalan Nasional Madani) dan Holcim (PT Holcim Indonesia Tbk) untuk percepatan (pembangunan) perumahan,” imbuhnya (wh)

Check Also

BSDE Incar Marketing Sales Rp6,2 Triliun Tahun Ini, BSD City Masih Jadi Andalan

Tangerang — PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mengincar perolehan penjualan marketing atau marketing sales …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *