Saturday , April 10 2021
Home / Berita / BCA Gandeng JCB International Indonesia Genjot Bisnis Kartu Kredit

BCA Gandeng JCB International Indonesia Genjot Bisnis Kartu Kredit

Jakarta-PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau yang lebih dikenal dengan Bank BCA menggandeng salah satu prinsipal kartu kredit asal Jepang, PT Japan Credit Bureau (JCB) International Indonesia untuk memperkuat bisnis penerbitan kartu kredit.

Kerja sama ini ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Direktur BCA Henry Koenaifi, Direktur BCA Santoso, dan Presiden Direktur PT JCB International Indonesia Yuichiro Kadowaki dan General Manager PT JCB International Indonesia Koichiro Wada di Jakarta, Selasa (27/9).

“Kerja sama antara BCA dan JCB merupakan kerja sama strategis yang akan semakin memperkuat bisnis dari kedua belah pihak dengan menyasar segmen affluent di Indonesia. Kartu BCA-JCB akan memberikan penawaran menarik dengan keunggulan kualitas pelayanan dari JCB yang telah dinikmati pemegang kartu JCB selama lebih dari 50 tahun,” ujar Henry.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Presiden Direktur JCB International Indonesia, Yuichiro mengungkapkan rasa gembiranya dengan terjadinya kerja sama penerbitan kartu dengan BCA, yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia.

“Setelah sebelumnya kita telah berkolaborasi selama lebih dari 30 tahun sejak 1983 dalam hal merchant aquiring. Kombinasi dari 2 merek ternama dari Indonesia dan Jepang tentunya akan dapat menjawab pelbagai macam kebutuhan dari pasar affluent, seperti adanya keistimewaan dalam layanan travel dan fine dining. Keunikan JCB dalam menyajikan layanan berkualitas yang telah terpupuk di pasar Jepang akan memberikan nilai tambah bagi BCA dalam kemitraan ini,” ucapnya.

Adapun lingkup kerja sama BCA dan JCB International Indonesia akan mencakup kerja sama penerbitan kartu kredit BCA – JCB dan pelaksanaan program promosi untuk kartu in. Nantinya, pemegang kartu BCA – JCB akan mendapatkan penawaran menarik berupa rate kurs/nilai tukar yang kompetitif, program promo menarik di jaringan merchant JCB yang tersebar di seluruh dunia, program promo di Indonesia yang akan disesuaikan dengan behavior dari segmen affluent, dan berbagai penawaran menarik lainnya.

“Banyaknya merchant yang menerima kartu JCB di dunia juga memberikan kenyamanan dan kemudahan nantinya bagi para pemegang kartu kredit BCA JCB yang bertransaksi di luar negeri. Dengan keunggulan tersebut, kami menargetkan jumlah kartu BCA-JCB sebanyak 50 ribu kartu baru di tahun pertama ini,” tambah Santoso.

Lebih lanjut Santoso menjelaskan bahwa kerja sama dengan JCB bukanlah yang pertama bagi BCA. Sebelumnya, BCA telah bekerja sama dengan JCB dalam penerimaan kartu JCB di jaringan EDC BCA. Selain dengan JCB, BCA juga telah melakukan kerja sama issuing credit card dengan Visa dan MasterCard.

Melalui penawaran beragam kartu kredit dan program-program menarik tersebut, BCA mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penyedia layanan kartu kredit yang terdepan di Indonesia. Sampai dengan semester pertama 2016, BCA mengelola 2.85 juta kartu kredit dengan nilai transaksi kartu kredit sebesar Rp 26 triliun, meningkat 6% dari tahun sebelumnya, dan membukukan pangsa pasar 18.6%.

Dimana, nilai outstanding kartu kredit tercatat sebesar Rp9.9 triliun pada semester pertama 2016 meningkat 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan nilai transaksi dan outstanding kartu kredit tersebut diimbangi oleh kualitas kredit yang tetap terjaga dengan rasio Non Performing Loan (NPL) sebesar 1.9%.

Check Also

Enam Penasihat Perkuat Startup DNA Blockchain DeBio

Jakarta – Decentralized Bio Network (DeBio) merupakan sebuah startup teknologi pengguna sistem canggih blockchain yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *