Tuesday , September 29 2020
Home / Berita / Saham / Perkuat Modal, AGRO Tambah Kepemilikan Saham Publik

Perkuat Modal, AGRO Tambah Kepemilikan Saham Publik

Jakarta-Satu per satu anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencari cara guna memperkuat struktur permodalannya. Setelah sebelumnya PT BRI Syariah yang menerbitkan sukuk mudharobah subordinasi I senilai Rp1 triliun, kini giliran PT BRI Agroniaga Tbk yang juga mencoba memperkuat modalnya dengan menambah porsi kepemilikan saham publiknya. Caranya adalah dengan melakukan right issue (penerbitan saham baru) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). “Nantinya (saham baru) yang menjadi porsi kami selaku pemegang saham mayoritas tidak akan kami serap dalam jumlah besar. Biar diserap oleh pasar, sehingga otomatis saham publik di AGRO akan naik,” ujar Direktur Keuangan BBRI, Haru Koesmahargyo, di Jakarta, Rabu (12/10). Dalam hitungan BBRI selaku pemegang saham mayoritas, menurut Haru, nantinya saham publik di AGRO akan didorong dari posisi saat ini sebesar 3,67 persen menjadi 7,5 persen.

Dengan suntikan modal dari aksi penerbitan right issue, rasio kecukupan modal(Capital Adequacy Ratio/CAR) AGRO diharapkan bisa didongkrak hingga ke atas level 20 persen dari posisi saat ini 19,64 persen. Saat ini, total modal yang dimiliki AGRO hingga pertengahan tahun sebanyak Rp1,45 triliun dengan modal inti sebesar Rp1,38 triliun. Sejauh ini, pihak AGRo telah mengantongi persetujuan dari Rapat umum pemegang Saham (RUPS) untuk melakukan penerbitan right issue dan juga waran seri II dengan nominal masing-masings ebesar Rp500 miliar dan Rp1 triliun. Dengan aksi penambahan modal melalui right issue dan waran, diperkirakan permodalan perusahaan cukup memadai hingga kinerja tahun depan. Bila pun dibutuhkan suntikan modal tambahan, Haru menegaskan pihaknya siap untuk menganggarkan suntikan modal sesuai kebutuhan bisnis AGRO di masa mendatang.

Check Also

Bersama Telkomsel, MCAS Luncurkan DigiSaham: Platform Informasi Saham di Indonesia

Jakarta – PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS), perusahaan distribusi digital terdepan di Indonesia, mengumumkan peluncuran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *