Wednesday , May 12 2021
Home / Berita / Others / SMGR Tegaskan Patuhi Keputusan Hukum Terkait Pabrik Rembang
Kuasa hukum SMGR, mahendradatta, dalam konferensi pers menyikapi perkembangan kasus hukum yang membelit pembangunan pabrik semen di Rembang

SMGR Tegaskan Patuhi Keputusan Hukum Terkait Pabrik Rembang

Jakarta-Perkembangan kasus hukum yang mendera pembangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) membuat jajaran manajemen BUMn itu merasa perlu angkat bicara. Sebagai pemilik pabrik, sampai sejauh ini  pihak SMGR merasa belum menerima salinan atas putusan resmi yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung (MA). Putusan tersebut sejauh ini oleh MA baru dipublikasikan melalui laman resminya tanpa kejelasan hukum lebih lanjut. “Kami tegaskan bahwa kami belum menerima salinan atas putusan resmi. Karena salinan tersebut adalah proses acara di PTUN. Segala informasi yang ada saat ini baru berdasar atas pemberitahuan di laman saja,” ujar Kuasa Hukum SMGR, Mahendradatta, di kantor pusat SMGR, Jakarta, Selasa (15/11).
Karena yang dikeluarkan oleh MA baru sebatas pemberitahuan via laman, Mahendradatta pun merasa heran dengan berbagai isu yang berkembang di media massa dan masyarakat yang kian tidak jelas. Mahendradatta pun menilai adanya upaya pembelokan persepsi yang dilakukan oleh pemohon melalui media massa guna membentuk opini negatif di masyarakat. “Ada yang sampai bilang soal penutupan pabrik lah. Soal pemberhentian kegiatan operasi lah. Itu aumbernya dari mana? Ini semua tidak didasarkan pada keputusan hukum yang resmi, namun tafsir sepihak dari pihak pemohon,” ungkap Mahendradatta. Terkait opini yang berkembang tersebut, Mahendradatta pun menegaskan bahwa putusan MA tidak akan pernah bisa memberhentikan kegiatan operasi pabrik SMGR di Rembang. Hal itu didasarkan pada ranah kerja PTUN yang tidak mencakup langkah putusan semacam itu. “Semua ada kanal-kanalnya. Misal ada sengketa rumah dan lalu disita. Itu peradilan perdata. Atau orang yang bersalah lalu asetnya harus dieksekusi. Ini ranah hukum pidana. PTUN tidak masuk ke sana. Jadi jangan asal aja,” tegas Mahendradatta.

Check Also

Ini Penjelasan Manajemen SAMF Terkait Lonjakan Sahamnya di Bursa

JAKARTA – Saham PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) diketahui belakangan ini alami kenaikan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *