Monday , December 10 2018
Home / Kolom / LOGIKA TRANSAKSI, SINYAL PASAR, DAN STRATEGI TRADING (PART I)

LOGIKA TRANSAKSI, SINYAL PASAR, DAN STRATEGI TRADING (PART I)

 

Ilustrasi Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia
Ilustrasi Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia

 

Bagaimana melakukan transaksi; Apa peran sinyal pasar berdasarkan riset pasar modal, dan bagaimana strategi transaksi kerap menjadi pertanyaan, di samping hal mana yang menjadi prioritas dalam melakukan transaksi berdasarkan logika transaksi di pasar modal.

Dalam perkembangan transaksi pasar, terutama dalam transaksi jual beli saham di pasar modal, pendekatan dan implementasi praktik dan teori market microstructure menjadi bagian penting dan intisari dalam menentukan sikap transaksi, seperti halnya sikap untuk memperbesar jumlah transaksi ketika pasar memberikan sinyal positif disertai dengan potensi pergerakan harga.

Dengan demikian, O’Hara (1995) menyatakan Struktur Mikro Pasar yaitu “The study of the process and outcomes of exchanging assets under explicit trading rules.” Adalah O’Hara yang telah menjelaskan bahwa studi ini membahas bagaimana harga aset terbentuk melalui jual beli yang akhirnya disepakati dari upaya tawar-menawar di pasar serta terbentuknya likuiditas dengan aturan perdagangan yang ada.

Harris (2004) menjelaskan bahwa “Market Mikrostructure is the branch of financial economics that investigates trading and the organization of markets”. Penjelasan tersebut menjelaskan bahwa struktur mikro pasar merupakan sebuah bagian penting dari ilmu ekonomi dan keuangan yang melakukan penyelidikan perdagangan saham dan organisasi pasar.

Hasbrouck (2007) menyatakan, studi Struktur Mikro Pasar yaitu “The study of the trading mechanisms used for financial securities.” Pernyataan Hasbrouck lebih jelas dari pernyataan O’hara, di mana struktur pasar mikro, secara jelas memberikan penjelasan bagaimana suatu harga terbentuk dari berbagai macam struktur dan komponen yang di perdagangkan oleh berbagai macam pihak.

Dan akhirnya kita dapat menyimpulkan sebagai pendahuluan bahwa teori dan praktik struktur pasar merupakan intisari dari proses transaksi yang dilakukan oleh para pihak yang memiliki harapan pertumbuhan likuiditas, selisih harga dan kinerja suatu harga dalam jangka pendek, menengah, hingga panjang.

Apa itu teori struktur mikro pasar ?

Teori struktur mikro pasar digunakan sebagai pendekatan terhadap potensi perubahan likuiditas suatu harga yang disebabkan oleh karena perubahan aturan perdagangan. Struktur mikro pasar merupakan sebuah teori baru yang membahas pembentukan harga saham di pasar. Struktur mikro pasar adalah “The study of the process and outcomes of exchanging assets under explicit trading rules.” (O’Hara, 1995:1)

Dengan demikian, intisari pendekatan terhadap suatu likuiditas dan potensi harga yang ada di pasar dari teori struktur pasar mikro adalah, menyusun kelompok-kelompok yang dapat memberikan pengaruh terhadap potensi perubahan suatu harga di pasar, dan likuiditas yang ada berkaitan dengan susunan organisasi serta aturan yang ada. Selanjutnya, dari perspektif berbeda, struktur mikro pasar dipandang sebagai cabang ilmu ekonomi finansial yang melakukan penyelidikan perdagangan saham dan organisasi pasar (Harris, 2003:3).*

(Ditulis oleh Lucky Bayu Purnomo SE.,ME.,CSA.,CTA@Program Doktoral Ilmu Ekonomi dan Dosen Pasca Sarjana Universitas Trisakti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *