Monday , April 12 2021
Home / Berita / Pendapatan Merosot, Astra Raih Laba Rp15,2 Triliun
Kantor Pusat Astra di Sunter, Jakarta Utara (dok. Astra)

Pendapatan Merosot, Astra Raih Laba Rp15,2 Triliun

JAKARTA, – PT Astra International Tbk (ASII) mencatat pendapatan bersih konsolidasian Grup yang turun 2% menjadi Rp181,1 triliun pada tahun 2016, seiring dengan penurunan pendapatan di segmen alat berat dan pertambangan, serta penurunan kontribusi pendapatan dari Toyota sales operation setelah implementasi model distribusi dua tingkat (two-tiered) yang berlaku efektif sejak awal tahun lalu.

“Kinerja bisnis Grup Astra sepanjang tahun 2016 cukup memuaskan dengan peningkatan kinerja yang stabil di beberapa lini bisnis. Prospek tahun 2017 tampaknya cukup positif dengan perbaikan kondisi ekonomi dan kenaikan harga batu bara,” tutur Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII dalam siaran pers, Senin (27/2/2017).

Laba bersih konsolidasian Grup meningkat 5% menjadi Rp15,2 triliun pada tahun 2016, seiring peningkatan kontribusi dari segmen otomotif, alat berat dan pertambangan, agribisnis serta infrastruktur dan logistik, dimana sebagian peningkatan kontribusi tersebut diimbangi oleh penurunan kontribusi dari segmen jasa keuangan, teknologi informasi dan properti.

Sepanjang 2016, kinerja Grup Otomotif cukup baik, dengan pencapaian pertumbuhan pangsa pasar mobil dan sepeda motor. Kinerja penjualan alat berat dan pertambangan terpengaruh secara negatif oleh rendahnya harga batu bara, pada sebagian besar periode tahun 2016 meskipun terjadi perbaikan kondisi pada kuartal terakhir.

Agribisnis mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga CPO, walaupun dampak dari iklim yang kurang bagus membatasi produksi dan penjualan pada semester pertama tahun lalu. Sebagian besar unit bisnis Grup Jasa Keuangan menunjukkan kinerja positif, kecuali Bank Permata yang meningkatkan pencadangan atas kredit bermasalahnya secara signifikan, sehingga menurunkan kontribusi sebesar Rp3,0 triliun.

Check Also

Zebra Nusantara Makin Pede Jalani Bisnis Baru Ditengah Pandemi

JAKARTA – Dengan adanya pandemi covid-19, tidak sedikit perusahaan yang merasa terpukul bisnisnya. Alhasil, pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *