Friday , September 25 2020
Home / Berita / Suku Bunga The Fed Naik, Waspadai Capital Outflow

Suku Bunga The Fed Naik, Waspadai Capital Outflow

Jakarta –  PT Bank DBS Indonesia memperkirakan, bahwa US Fed akan menaikkan suku bunganya sebanyak 4x sepanjang tahun ini (4x25bps). Dalam pandangannya, pemulihan di Amerika Serikat (AS) terus berlanjut. “Slack” di labor market yang terjadi setelah krisis finansial global di tahun 2008-2009 yang lalu boleh dibilang hampir 100% hilang.

“Perekonomian AS saat ini telah kembali di level full-employment. Selain itu, inflasi juga telah mencapai target the Fed, melewati level 2% sejak Desember 2016,”kata Gundy Cahyadi, Ekonom DBS Group Research, di Jakarta, Selasa.

Jika itu terjadi, kata Gundy, maka diperkirakan akan ada dana-dana asing di pasar modal Indonesia yang akan keluar (capital outflow). Namun dirinya tidak menyebutkan seberapa deras aliran dana yang bakal keluar dari lantai bursa, pasar obligasi, reksa dana, maupun produk investasi lainnya di pasar modal.

“Jika the Fed menaikkan suku bunganya hingga 4 kali, sudah pasti ada pengaruhnya atau akan ada capital outflow,”tutur Gundy.

Akan tetapi, Gundy optimis, kalau dana yang akan keluar dari pasar modal Indonesia tidak akan besar. Hal itu karena, investor asing yang ada di pasar modal Indonesia adalah investor jangka panjang.

“Investor di Indonesia itu bukan tourist investor yang hanya mampir sejenak, terus setelah ambil keuntungan pergi. Tapi, investor asing di Indonesia itu kebanyakan memang berinvestasi untuk jangka panjang. Jadi kenaikan suku bunga the Fed, menurut saya tidak berpengaruh signifikan,”tegasnya.

Sebagai informasi, total kepemilikan saham di pasar modal Indonesia hingga saat ini masih didominasi oleh investor asing. Adapun persentase-nya, sekitar 60% dari total jumlah investor di Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah asing dan sekitar 40% lagi adalah investor domestik. (ahm)

Check Also

PGN Saka Kejar Penyelesaian Dan Efisiensi Lapangan Sidayu

JAKARTA – PT Saka Energi Indonesia (PGN SAKA) sebagai Anak Perusahaan PT Perusahaan Gas Negara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *