Friday , September 25 2020
Home / Berita / Tertinggi Sepanjang Sejarah, Kapitalisasi Pasar BEI Capai Rp6.012 Triliun
seorang investor tengah melintas di depan papan informasi harga saham di Gedung PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

Tertinggi Sepanjang Sejarah, Kapitalisasi Pasar BEI Capai Rp6.012 Triliun

JAKARTA, – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus membukukan rekor pencapaian positif di sepanjang 24 tahun perjalanannya sejak pertama kali swastanisasi dilakukan di 13 Juli 1992 silam. Demikian dikemukakan Yulianto Aji Sadono, Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan BEI dalam keterangan tertulis, Kamis (16/3).

Salah satu rekor pencapaian positif yang terjadi hari ini adalah capaian kapitalisasi pasar tertinggi sepanjang masa yang menembus Rp6.012 triliun (setelah dilakukan penyesuaian jumlah saham untuk penghitungan kapitalisasi pasar).

Pencapaian rekor kapitalisasi pasar tertinggi tersebut membuktikan bahwa perdagangan efek di BEI semakin prospektif dan semakin likuid. BEI berharap nilai kapitalisasi pasar dapat terus tumbuh, yang sejalan dengan peningkatan level Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sehingga dapat memberikan imbal hasil bagi para investor di pasar modal Indonesia.

Pencapaian kapitalisasi pasar tertinggi sebelumnya terjadi pada 8 November 2016 yakni sebesar Rp5.918,56 triliun. Dengan pencapaian ini BEI akan terus berupaya untuk menjadi Bursa terbesar di Asia Tenggara pada 2020 mendatang.

Pada perdagangan hari ini IHSG ditutup menguat 1,58% atau 85,86 poin ke posisi 5.518,24 poin dari posisi 5.432,38 poin pada penutupan perdagangan kemarin. Capaian IHSG ini adalah yang tertinggi di tahun ini.

Pada perdagangan hari ini, BEI juga mencatatkan satu emiten baru yakni PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk. Dicatatkan di harga penawaran sebesar Rp535 per unit saham, harga saham emiten berkode saham PORT ini ditutup menguat 7,47% ke posisi Rp575 per unit saham.

Dari hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO), emiten pertama di 2017 ini memperoleh dana Rp308,61 miliar.

Check Also

PGN Saka Kejar Penyelesaian Dan Efisiensi Lapangan Sidayu

JAKARTA – PT Saka Energi Indonesia (PGN SAKA) sebagai Anak Perusahaan PT Perusahaan Gas Negara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *