Thursday , September 24 2020
Home / Berita / AKR Corporindo Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

AKR Corporindo Terbitkan Obligasi Rp1 Triliun

Jakarta – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) berencana menerbitkan surat utang (obligasi) melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I Tahap I 2017 sebesar Rp1 triliun, dari total penerbitan PUB I sebesar Rp2 triliun. Penerbitan obligasi memiliki tujuan untuk memperkuat modal kerja perseroan.

Obligasi yang akan diterbitkan menjadi dua seri. Seri A bertenor 5 tahun dengan kupon sekitar 8,5-9,25 persen, sedangkan seri B bertenor tujuh tahun dengan tingkat kupon sekitar 8,75-9,5 persen. Obligasi yang diterbitkan perseroan ini meraih peringkat idAA- dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). 

“Penggunaan dana dari hasil penerbitan obligasi ini sebesar Rp1 triliun akan digunakan sebagai modal kerja untuk pembelian bahan baku,” ucap Direktur AKR Corporindo, Suresh Vembu dalam keterangan tertulisnya, Senin 8 Mei 2017.

Menurut Suresh, penggunaan dana hasil penerbitan obligasi ini sebagai modal kerja yang diarahkan untuk pembelian di segmen distribusi perdagangan bahan bakar minyak (BBM) dan bahan kimia dasar. “Saat ini AKR Corporindo memiliki aset-aset yang berlokasi strategis di Indonesia dan China,” terang dia.

Demi menyukseskan penerbitan obligasi tersebut, diakui Suresh, AKRA telah memilih PT Indo Premier Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT CIMB Sekuritas Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas selaku penjamin emisi (underwriter). Sedangkan yang bertindak sebagai wali amanat penerbitan surat ini adalah PT Bank Mega Tbk.

Adapun masa penawaran awal obligasi ini pada 8-22 Mei 2017, pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan bisa diterima pada 2 Juni 2017. Sedangkan, masa penawaran umum dilaksanakan pada 6-8 Juni 2017 dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 14 Juni 2017.

Check Also

Puluhan Perusahaan Raih Penghargaan di “Indonesia CSR PKBL Award 2020”

JAKARTA – Keberadaan perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bukan hanya sekadar mengejar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *