Thursday , August 5 2021
Home / Bursapedia / Saham

Saham

Apa itu saham?

Saham (ekuiti) adalah bukti kemilikan suatu individu/badan usaha pada sebuah perusahaan terbuka (emiten) yang tercatat dan ditransaksikan di bursa efek. Jika individu/badan usaha membeli/memiliki saham dari suatu perusahaan maka individu/badan usaha tersebut memiliki hak pada kekayaan maupun penghasilannya.

Atau dapat pula didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang/institusi pada suatu perusahaan atau perseroan. Karena itu, ia memiliki hak suara yang turut menentukan kebijakan perusahaan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) serta menerima dividen. Berikut simulasi pembelian/cara menabung saham.

Simulasi Nabung Saham (klcbs.net)
Sumber: klcbs.net

 

Jenis Saham

Berdasarkan manfaat yang diperoleh oleh pemilik, saham dibedakan menjadi dua jenis, yaitu saham biasa dan saham preferen.

  1. Saham biasa

Saham biasa merupakan sumber keuangan utama yang harus ada pada suatu perusahaan publik dan merupakan surat berharga yang paling umum dan dominan diperdagangkan di Bursa Efek. Bodie et al. (2002:97), menjelaskan pengertian saham biasa adalah “kepemilikan atas hak sekuritas oleh pemilik modal perusahaan akan diumumkan kepada masyarakat.” Pemilik berhak menentukan apakah akan menerima dividen atau menduduki posisi di dalam perusahaan.

  1. Saham preferen

Saham preferen memiliki hak untuk didahulukan dalam pembagian laba dan sisa aset dalam likuidasi dibandingkan dengan saham biasa. Perbedaannya dengan saham biasa adalah saham preferen yang memiliki dividen yang tetap, namun seperti halnya saham, saham preferen tidak memiliki tanggal jatuh tempo.

Saham preferen merupakan saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa, karena bisa menghasilkan pendapatan tetap (seperti bunga dan obligasi), tetapi juga bisa mendatangkan hasil yang dikehendaki investor (Fakhrudin, 2001).

Dividen dan Capital Gain

Dengan memilih instrumen investasi saham, investor memiliki potensi keuntungan dalam dua hal, yaitu pembagian dividen dan kenaikan harga saham (capital gain).

Dividen merupakan keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada semua pemegang saham yang biasanya dilakukan satu tahun sekali, dan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Bentuk dari dividen itu sendiri bisa berupa uang tunai ataupun bentuk penambahan saham. Sedangkan capital gain, keuntungan yang didapat berdasarkan selisih harga jual saham dengan harga beli. Yuk, nabung saham sekarang!

Yuk, nabung saham

 

Check Also

Pasar Modal

Pasar Modal Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *