Monday , August 2 2021
Home / Berita / Others / BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,5 Persen

BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,5 Persen

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) sepakat menurunkan tingkat suku bunga acuan  7 days repo rate sebesar 25 basis poin ke level 4,5 persen. Selain itu, suku bunga Deposit Facility juga turun 25 basis poin menjadi 3,75 persen dan Lending Facility turun 25 basis point menjadi 5,25 persen. Seluruh penurunan suku bunga tersebut akan berlaku efektif sejak Rabu (23/8). “Penurunan suku bunga acuan ini akan diikuti oleh penurunan suku bunga instrument moneter yang lain. Kebijakan moneter dengan rendahnya perkiraan inflasi 2017 dan 2018 di kisaran yang diperkirakan. Dengan demikian neraca berjalan akan tetap terkendali,” ujar Gubernur BI, Agus Martowardojo, di Gedung BI, Jakarta, Selasa (22/8).

Menurut Agus, risiko eksternal dari keniakan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (AS) serta pengurangan neraca Bank Sentral AS juga menjadi perhatian BI. Meski demikian, BI meyakini Indonesia masih tetap menarik di tengah perbedaan suku bunga dalam negeri dan luar negeri. “Turunnya suku bunga diharapkan dapat memperkuat intermediasi perbankan, sehingga lebih memperkokoh stabilitas sistem keuangan serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang tinggi lagi,” tutur Agus.

Secara umum menurut Agus pihaknya tetap mewaspadai sejumlah risiko, baik yang bersumber dari global seperti normalisasi neraca Bank Sentral AS, maupun dari domestic berupa konsolidasi korporasi dan perbankan yang masih terus berlanjut. Karena itu BI terus memperkuat bauran kebijakan moneter, macroprudential dan sistem pembayarannya demi menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan nasional. “Selain itu BI juga akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas lain untuk memastikan pengendalian inflasi, penguatan stimulus pertumbuhan dan reformasi struktural dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat menopang pertumbuhan perekonomian secara berkelanjutan,” tegas Agus. (JAT)

Check Also

Di 2022, MDRT Indonesia Optimis Jumlah Anggota Akan Lebih Dari 5.000 Member

JAKARTA – Country Chair MDRT Indonesia, Miliana Marten mengatakan bahwa tantangan komite MDRT saat ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *