Sunday , June 20 2021
Home / Berita / Saham / Persaingan Makin Ketat, EXCL Tinggalkan Bisnis E-Commerce
lantaibursa.id/MS Fahmi Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk (EXCL), Dian Siswarini (dua dari kiri), dalam RUPS Tahunan Perusahaan, di Jakarta, Jumat (31/03). EXCL resmi melepas seluruh sahamnya di Elevenia dan memilih fokus pada bisnis layanan data telekomunikasi.

Persaingan Makin Ketat, EXCL Tinggalkan Bisnis E-Commerce

JAKARTA-PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah resmi telah melepas seluruh kepemilikan sahamnya pada PT XL Planet, perusahaan pengelola bisnis e-commerce, Elevenia. Pelepasan saham tersebut dipastikan melalui perjanjian jual beli bersyarat (Conditional Sale and Purchase Agreement/CSPA) antara pihak EXCL dengan PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd. selaku pihak pembeli. Dengan dijualnya seluruh saham Elevenia, maka praktis EXCL kini sepenuhnya keluar dari bisnis e-commerce dan memilih fokus pada bisnis layanan data telekomunikasi yang telah menjadi backbone usahanya selama ini. “Keputusan ini Kami ambil melalui perhitungan cermat terhadap berbagai opsi yang dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Hal ini memungkinkan Kami untuk lebih fokus sebagai perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi data,” ujar Presiden Direktur EXCL, Dian Siswarini, dalam keterangan resminya pada media, di Jakarta, Kamis (24/8).

Menurut Dian, pihaknya memandang bisnis e-commerce kini telah tumbuh sangat pesat dengan jumlah pemain yang relatif terlalu banyak dengan kebutuhan investasi yang semakin besar. Persaingan yang demikian pesat pada akhirnya mendorong perkembangan bisnis e-commerce menjadi usaha yang padat modal. Para pemain baru berdatangan dengan didukung oleh investor raksasa dianggap telah membentuk peta persaingan yang semakin keras, yang menimbulkan ketidakpastian terhadap tercapainya titik profitabilitas. Selama ini, EXCL merupakan pemegang 50 persen saham Elevenia dengan SK Planet Global Holding Pte. Ltd. sebagai pemilik 50 persen saham sisanya. “Melepas kepemilikan Elevenia adalah pilihan strategis yang membuat kami semakin fokus pada pengembangan bisnis layanan data. Hal ini sekaligus untuk mengurangi dampak kerugian yang timbul dari lini bisnis Elevenia, sehingga memungkinkan kami mengalokasikan modal untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan di bisnis layanan data,” tegas Dian. (JAT)

Check Also

Produk Baru Benang Recycle SBAT Tembus Pasar Timur Tengah, Pengiriman hingga 20 Kontainer Per Bulan

Jakarta – Perusahaan produsen benang recycle asal Bandung, PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *