Tuesday , August 3 2021
Home / Berita / Others / Sektor Perbankan Optimistis Industri Bakal Segera Membaik
masyarakat sedang bertransaksi di salah satu mesin ATM di Jakarta. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang terus terjaga, kalangan perbankan yakin kinerja industrinya bakal semakin membaik di tahun ini.

Sektor Perbankan Optimistis Industri Bakal Segera Membaik

JAKARTA-Di tengah perekonomian dunia yang relatif challenging, kalangan perbankan nasional masih meyakini kinerja industrinya bakal mampu membaik seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang juga terus menunjukkan tren positif. Selain pertumbuhan ekonomi, dorongan perbaikan juga diharapkan bisa didapat dari tren meningkatnya investasi berupa pembangunan infrastruktur yang kini tengah digalakkan oleh pemerintah. “Selain itu kami juga berharap adanya perbaikan seiring dengan tren penurunan bunga berkelanjutan,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Bank-Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo, saat membuka Indonesian Banking Expo (IBEx) 2017, di Jakarta, Selasa (19/9).

Kartika mengakui kinerja kredit perbankan di sepanjang semester I/2017 hanya tumbuh sekitar 7,75 persen, atau melambat dibanding pertumbuhan pada periode sama tahun sebelumnya yang mencapai double digit. Namun demikian, kinerja perbankan secara umum diklaim Kartika cukup baik dengan catatan rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) di kisaran 22,7 persen dan Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 89 persen. “Kami tetap optimistis industri perbankan nasional ke depan bakal bisa tumbuh lebih baik, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional,” tutur Kartika.

Di lain pihak, Kartika juga menyatakan dukungannya terhadap gerakan non tunai di masyarakat dalam rangka mendukung efisiensi, keamanan dan teknologi yang andal dengan tetap diiringi dengan perlindungan konsumen yang memadai. “Untuk dapat terus tumbuh perbankan juga harus mengikuti perkembangan jaman, termasuk dalam hal ini perkembangan teknologi digital. Bank harus mampu mengubah paradigm klasik bahwa bank itu kaku. Bank harus bisa mengikuti perkembangan masyarakat sebagai konsumennya,” tegas Kartika.

Check Also

Laba BTN Tumbuh 19,87% di Kuartal II 2021

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berhasil mencatatkan laba bersih Rp920 miliar pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *