Monday , December 5 2022
Home / Berita / Asuransi Sinar Mas Berikan Literasi Keuangan Bagi UMKM

Asuransi Sinar Mas Berikan Literasi Keuangan Bagi UMKM

Dolok Sanggul, 27 Oktober 2017 – PT. Asuransi Sinar Mas kembali menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan. Literasi keuangan kali ini ditujukan bagi UMKM yaitu petani kopi dan juga pemilik salon di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Pemilihan UMKM sebagai target literasi sesuai dengan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia.

Literasi keuangan yang diberikan berupa pengetahuan mengenai bagaimana merencanakan keuangan dengan baik. Sebagian besar penduduk di kabupaten Humbang Hasundutan bermata pencarian sebagai petani khususnya petani kopi. Umumnya petani mendapatkan penghasilan sesuai dengan hasil panen. Perencanaan keuangan menjadi penting agar petani bisa mengelola pendapatan yang diterima setelah panen dengan baik dan benar. Total ada lebih dari 200-an petani yang mengikuti kegiatan literasi yang diadakan di Rumah Kreatif Sinar Mas. Materi perencanaan keuangan juga diberikan kepada pemilik salon yang berada di kecamatan Dolok Sanggul.

Pada kesempatan yang sama, peserta diberikan pengetahuan mengenai lembaga dan produk jasa keuangan di Indonesia yang bisa digunakan untuk merencanakan keuangan yaitu jasa keuangan perbankan dan non bank seperti asuransi, lembaga pembiayaan, dana pensiun dan pegadaian.

“Melalui kegiatan ini kami berharap petani kopi dan pemilik salon bisa memiliki pengetahuan untuk merecanakan keuangan di keluarga masing-masing dan juga usaha yang dimilik serta dapat memilih jasa keuangan yang tepat untuk kebutuhan mereka, “ jelas Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas saat acara.

Di akhir acara, dilakukan penyerahan kartu asuransi simas petani untuk petani dan simas perlindungan untuk pemilik salon.

“Kartu asuransi simas petani dan simas perlindungan kami serahkan agar setelah kegiatan peserta dapat langsung mengetahui bahwa ada perlindungan asuransi yang dengan harga yang terjangkau yaitu asuransi mikro, “ lanjut Dumasi

Simas petani dan simas perlindungan merupakan produk asuransi mikro dari Asuransi Sinar Mas. Simas petani adalah asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan kepada petani terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin Polis serta santunan tunai harian akibat demam berdarah.
Simas Perlindungan adalah asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan.

Kegiatan literasi keuangan dilakukan Asuransi Sinar Mas untuk mendukung kebijakan Otoritas Jasa Keuangan mengenai Literasi Keuangan. Sebelumnya kegiatan literasi keuangan 2017 telah dilakukan bagi 1.200 siswa-siswa PAUD dan SD di kawasan Danau Toba, kemudian 976 siswa – siswi SD di Merauke – Papua dan minggu lalu bagi ribuan santri di Pondok Pesantren Al Hikmah II, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, bertepatan dengan Hari Santri Nasional 2017. (AHM)

Cek juga

Luncurkan Papan Ekonomi Baru, BEI : Setara Dengan Papan Utama

Jakarta, Lantaibursa.id – Bertujuan menyediakan papan pencatatan bagi perusahaan berbasis teknologi untuk menciptakan inovasi produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *