Sunday , June 20 2021
Home / Bursapedia / Obligasi

Obligasi

Obligasi

Obligasi atau surat utang merupakan sebuah surat perjanjian jangka menengah-panjang atau pernyataan berutang dalam jangka waktu tertentu dari pihak yang menerbitkan obligasi kepada pihak yang membeli obligasi. Atau bisa dikatakan, obligasi adalah surat berharga atau sertifikat yang berisi kontrak antara pemberi pinjaman (dalam hal ini investor) dengan yang diberi pinjaman (issuer). (Fakhrudin & Hadianto (2001 :15)).

 

Kupon Bunga

Pihak yang menerbitkan obligasi (issuer) memiliki kewajiban membayar imbalan berupa bunga obligasi pada periode tertentu, dan melunasi pokok utang pada saat jatuh tempo kepada pihak yang membeli obligasi tersebut. Bunga obligasi ini lebih dikenal dengan istilah kupon bunga yang sifatnya tetap dan besarnya telah ditentukan diawal.

 

Perbedaan Obligasi dengan Saham

Obligasi dengan saham memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Dari segi term dan kondisinya, obligasi memiliki jangka waktu terbatas, suku bunga (kupon), memiliki instrumen yang variatif dengan struktur biaya fixed/floating. Dalam hal ini kreditur bisa melakukan klaim jika terjadi wanprestasi.

Adapun saham memiliki jangka waktu yang tidak terbatas, instrumen terbatas, dan struktur biayanya didasarkan pada persentase laba bersih. Apabila terjadi wanprestasi maka shareholder memiliki hak klaim terakhir dan memiliki hak klaim aset jika perusahaan pailit.

Check Also

Pasar Modal

Pasar Modal Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *