Thursday , August 5 2021
Home / Berita / Sektor Otomotif Membaik, Saham Astra Ditargetkan Tembus 8.400

Sektor Otomotif Membaik, Saham Astra Ditargetkan Tembus 8.400

Jakarta- Langkah antisipasi Bank Indonesia (BI) dengan memangkas tingkat suku bunga acuan BI 7-day Reserve Repo masing-masing 25 basis points dari 4,75% pada Juli menjadi 4,25% pada September dinilai menjadi penopang bagi pemulihan daya beli masyarakat.

Salah satu sektor yang bergerak positif, di antaranya sektor otomotif yang menunjukkan peningkatan kinerja selama delapan bulan terakhir ini. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, penjualan mobil pada Agustus 2017 mengalami pertumbuhan 5,6% dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi 96.461 unit. Begitu juga dengan data yang dirilis oleh Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI). Penjualan sepeda motor pada akhir Agustus mengalami pertumbuhan sebesar 5% dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi 554.923 unit.

PT Astra International Tbk (ASII) termasuk perusahaan yang mencatatkan pertumbuhan. ASII berhasil membukukan penjualan otomotif selama 8 bulan sebanyak 398.000 unit, atau naik 8,7% dibanding periode yang sama tahun lalu. Segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) seperti Avanza, Xenia, dan Luxio disebut-sebut menyumbang peningkatan penjualan dengan pertumbuhan 13,7% dibanding bulan sebelumnya, ditambah penjualan segmen Low Cost Green Car.

Menilik pergerakan saham Astra, analis saham PT Danareksa Securities Lucky Bayu Purnomo memproyeksikan, kinerja saham ASII cenderung menguat setelah berada pada teritori oversold (jenuh jual) dengan potensi reversal atau perbalikan arah. Ditargetkan harganya dapat menyentuh level 8.400. Selama 52 minggu terakhir, harga saham ASII sendiri berada di rentang harga 7.300 – 9.350.

“Potensi tersebut disertai dengan kinerja ASII yang berada dalam kisaran garis support dengan tren menguat untuk menguji harga 8.000 sebagai target pertama dengan target tertinggi pada kisaran harga 8.400.” jelas Lucky.

Check Also

Pinangki Belum Dipecat dan Masih Terima Gaji, Boyamin: Copot Jaksa Agung!

Jakarta – Meskipun telah dijebloskan ke Lapas Wanita Tangerang, namun status jaksa Pinangki Sirna Malasari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *