Saturday , September 24 2022
Home / Berita / Alibaba Catat Transaksi Rp162,6 Triliun di 2 Jam Pertama Festival Belanja Global
Alibaba Group (NYSE)

Alibaba Catat Transaksi Rp162,6 Triliun di 2 Jam Pertama Festival Belanja Global

Jakarta – Alibaba Group (NYSE: BABA) mengumumkan perolehan transaksi sebesar US$12 milliar (Rp162,6 triliun) yang dibayarkan melalui Alipay dalam dua jam pertama kegiatan 11.11 Global Shopping Festival 2017. Sebanyak 140.000 brand mengikuti acara yang dibuka pada akhir pekan lalu di Tiongkok.

Dalam siaran pers, Senin (13/11/2017) dijelaskan, total transaksi dalam GMV (Gross Merchandise Volume) yang diselesaikan melalui Alipay dalam dua menit dan satu detik pertama adalah sebesar US$1milliar (Rp13,5 triliun). Total transaksi GMV yang dilakukan melalui Alipay dalam dua jam pertama adalah sebesar US$11,9 miliar (Rp160,8 triliun). Sebanyak 91% dari transaksi tersebut dilakukan dengan melalui gawai.

Alibaba Cloud memproses sebanyak 325.000 pesanan per detik pada puncaknya dalam satu jam pertama festival. Sedangkan, Alipay memproses sebanyak 256.000 transaksi pembayaran per detik pada puncaknya dalam satu jam pertama festival.

Dalam satu jam pertama, lebih dari 60 brand menghasilkan penjualan lebih dari US$15,1 juta (Rp204 miliar), ini termasuk brand internasional seperti Apple, Estée Lauder, Gap, L’Oreal, Nike, Samsung, Uniqlo, Zara, dan lainnya.

Beberapa jam sebelum pembukaan 11.11 Global Shopping Festival, Alibaba mengadakan gala tahunan untuk merayakan secara resmi festival tersebut. Perayaan ini disiarkan secara langsung melalui Youku (streaming website), aplikasi Tmall dan Taobao, YouTube, dan siaran TV. Tahun ini, gala tersebut dimeriahkan penampilan dari berbagai selebriti internasional seperti Pharrel Williams, Nicole Kidman, Maria Sharapova, Jessie J, dan lainnya.

11.11 Global Shopping Festival dimulai pada tahun 2009 dengan jumlah peserta hanya 27 pelaku usaha. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran pelaku usaha dan konsumen terhadap nilai dari belanja online. Dalam waktu tujuh tahun, hampir 100.000 pedagang berpartisipasi pada festival belanja internasional ini. Dalam waktu 24 jam, total belanja konsumen tercatat sebesar RMB120,7 miliar (US$17,79 miliar).

Cek juga

Itama Ranoraya Optimistis Raih Kinerja Positif Seiring Pertumbuhan Industri Alat Kesehatan

JAKARTA – Potensi pasar alat kesehatan (alkes) di Indonesia masih menjanjikan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *