Monday , December 5 2022
Home / Berita / Jelang IPO, Pelindo II Perkuat Modal JAI

Jelang IPO, Pelindo II Perkuat Modal JAI

Jakarta- PT Jasa Armada Indonesia (JAI) dan PT Pelindo II (IPC) sepakat menandatangani akta inbreng di Jakarta, Selasa (7/11). Melalui penandatanganan akta tersebut, IPC sebagai induk usaha menambah modal JAI dengan menyerahkan sebanyak 21 kapal senilai Rp348 miliar. “Dengan demikian, jumlah kapal yang dimiliki JAI menjadi sebanyak 23 kapal dengan jumlah kapal yang akan dioperasikan sebanyak 75 kapal,” kata Direktur Utama JAI, Dawam Atmosudiro.

Di industri ini, menurutnya, JAI menguasai pangsa terbesar yang melayani 25 ribu kapal per tahun. Dan pada tahun 2016, perusahaan mencatatkan net profit margin sebesar Rp13,1 miliar, naik 0,8% pada semester pertama tahun ini yang mencapai Rp13,9 miliar. “Kalau revenue kami di 2016 secara full year mencapai Rp876 miliar,” ungkapnya.

Dengan penguatan modal ini diharapkan dapat menambah keyakinan investor, seiring rencana perusahaan yang akan melaksanakan penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada akhir tahun ini. “Kami merupakan satu-satunya perusahaan jasa pemanduan dan penundaan kapal yang melakukan IPO. Kami berharap bisa bekerja lebih profesional dengan adanya dana segar dari IPO,” imbuhnya.

Direktur Keuangan Pelindo II, Iman Rahman menambahkan, pentingnya menginbrengkan kapal sebagai komitmen IPC dalam mendukung kinerja anak usahanya. Sejauh ini, menurutnya, JAI merupakan kontributor terbesar kedua dari total 16 anak perusahaan dengan kontribusi mencapai 13%. “Kita inject kapal ini sebagai bentuk komitmen kami kepada IPO JAI,” ujarnya.

Terkait rencana IPO JAI, lanjutnya, saat ini pihaknya masih menunggu izin pra efektif dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perseroan bersama penjamin pelaksana emisi efek pun tengah melakukan non-deal roadshow (penjajakan) terhadap potensi-potensi di luar negeri. “Kalau izin dari pemegang saham mayoritas, maksimal sebanyak 30 persen,” tandasnya.

Cek juga

Luncurkan Papan Ekonomi Baru, BEI : Setara Dengan Papan Utama

Jakarta, Lantaibursa.id – Bertujuan menyediakan papan pencatatan bagi perusahaan berbasis teknologi untuk menciptakan inovasi produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *