Sunday , June 20 2021
Home / Berita / Penjualan Alat Berat Percantik Kinerja Kobexindo di Triwulan III 2017

Penjualan Alat Berat Percantik Kinerja Kobexindo di Triwulan III 2017

JAKARTA – Perlahan tapi pasti, PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) akhirnya berhasil mencatat kinerja yang positif di sembilan bulan pertam tahun 2017. Mitra dan distributor eksklusif alat berat ini mencetak laba bersih sebesar US$1.14 juta setara dengan Rp15,39 miliar (mengacu kurs Rp13.500) dibandingkan dengan periode serupa tahun sebelumnya merugi hingga US$3,92 juta atau setara dengan Rp52,92 miliar.

Presiden Direktur Kobexindo Tractors, Humas Soputro menuturkan, bahwa salah satu pendukung kinerja perseroan ini didukung dengan adanya pertumbuhan pendapatan di kuartal III 2017 sebesar 41%. Pendapatan perseroan menjadi US$44,70 juta atau setara dengan Rp603,45 miliar, dibandingkan pendapatan perusahaan periode yang sama tahun sebelumnya US$31,70 juta atau setara sebesar Rp427,95 miliar.

“Kinerja perseroan on track untuk mencapai target pertumbuhan 2017 yakni minimum 40%. Segmen penjualan alat berat, menjadi kontributor utama dengan pertumbuhan penjualan sebesar 56,8%,” kata Humas dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (01/11).

Lebih dalam Humas menjelaskan, bahwa penjualan untuk unit alat berat mengalami pertumbuhan 56,8% menjadi US$36,53 juta di triwulan III 2017. Artinya, segmen penjualan alat berat menjadi kontributor utama pendapatan konsolidasi perseroan mencapai 81,7% dari total pendapatan.

Sementara kontribusi penjualan perseroan disusul oleh suku cadang (sparepart) yakni sebesar USD$4,58 juta atau menyumbang sekitar 10,2% dari total penjualan. Kemudian untuk jasa perbaikan andil sekitar 4,7% dilanjut dari jasa sewa berkontribusi 3,4%.

“Kobexindo saat ini memiliki empat segmen usaha yakni, penjualan alat berat, penjualan suku cadang, after sale atau jasa perbaikan, dan sewa,” ungkapnya.

Saat ini, perseroan menjadi distributor eksklusif alat berat merk Doosan, Tata-Daewoo yang berasal dari Korea Selatan. Perseroan juga menjadi distributor dari merek produk China, NHL, serta merek Jungheinrich dan Hako dari Jerman dan Farm Tractor dari Belarusia. Kobexindo juga akan memperkenalkan beberapa produk baru setelah sebelumnya memperkenalkan dump truck merek NHL type TR50D pada mining expo 2017 lalu. (AHM)

Check Also

Data Center Berkelanjutan Schneider Electric

Jakarta – Schneider Electric mengajak pimpinan dunia dan industri membangun ekosistem digital yang tangguh dan berkelanjutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *