Thursday , October 6 2022
Home / Berita / PGN Anggarkan Capex US$300 Juta Tahun Ini

PGN Anggarkan Capex US$300 Juta Tahun Ini

BOGOR – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) pada tahun ini sekitar US$ 300 juta. Nilai capex ini lebih rendah jika dibandingkan target awal yang mencapai US$ 500 juta.

Penurunan nilai belanja modal ini karena perusahaan mempertimbangkan kondisi ekonomi Indonesia yang belum stabil. Alhasil, permintaan atau daya beli masysrakat berkurang.

“Industri sedang turun permintaannya, adanya penuruanan nilai capex karena lebih mempetimbangkan kondisi ekonomi Indonesia yang belum stabil,” kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama.

Rachmat merincikan,  dana tersebut sekitar 60%-70% nya akan dialokasikan untuk sektor industri. Sementara sisanya, akan dipergunakan untuk konsumen rumah tangga dan komersial, seperti rumah sakit, hotel, restoran, dan usaha kecil menengah (UKM).

“Sumber dana capex akan berasal dari kas internal perseroan,”jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Desy Anggia, Division Head of Corporate Communication PGN, menambahkan, Perusahaan tetap optimistis mendorong penggunaan gas, khususnya untuk bahan bakar industri. Pasalnya, industri dapat menekan biaya produksi hingga 40% dengan menggunakan gas bumi.

Pelaku industri dalam negeri semakin banyak beralih ke bahan bakar gas bumi karena bersih, aman, efisien, dan ketersediaannya terjamin. “Bagi industri, kepastian pasokan energi itu salah satu hal paling penting,” imbuh Desy.

Desy mencontohkan, PT Fajar Surya Tridasa, pabrik kertas di Bekasi, beralih dari bahan bakar liquefied petroleum gas (LPG) ke gas bumi PGAS pada pertengahan tahun lalu karena harganya lebih murah. Harga rata-rata gas bumi PGAS adalah USD 8 per mmbtu sedangkan LPG USD 12 per mmbtu. Selain mendistribusikan gas bumi melalui pipa, PGAS juga memasarkan Compressed Natural Gas (CNG) untuk pelanggan komersial dan transportasi. (AHM)

Cek juga

BRI Menanam Proyeksikan Kontribusi Penurunan Emisi Karbon Hingga 23% di 2025

Jakarta, Lantaibursa.id – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk turut menjaga ketahanan iklim melalui pengurangan emisi karbon. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *