Saturday , December 15 2018
Home / Berita / BNI-AM Perkenalkan Investasi Reksa Dana Kepada Pegawai BNI Group

BNI-AM Perkenalkan Investasi Reksa Dana Kepada Pegawai BNI Group

JAKARTA – PT BNI Asset Management (BNI-AM) gencar melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya perencanaan keuangan dan investasi Reksa Dana baik dalam lingkungan BNI Group maupun kepada khalayak eksternal. Hal ini merupakan salah satu cara yang dilakukan BNI-AM dalam meningkatkan literasi keuangan sebagaimana yang dihimbau oleh OJK bagi seluruh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

Sebagai bagian dari sinergi BNI dan Perusahaan Anak (BNI Group), BNI-AM menyelenggarakan sosialisasi pentingnya perencanaan keuangan dan investasi di Reksa Dana sebagai persiapan masa depan yang lebih mapan kepada pegawai BNI Group bertempat di Gedung Cakrawala BNI Jakarta pada hari Rabu 4 April 2018. Dalam kesempatan ini BNI-AM bersinergi dengan BNI dan BNI Sekuritas sebagai Agen Penjual Reksa Dana.

Reita Farianti selaku Direktur Utama BNI-AM optimis bahwa minat mahasiswa atau generasi millennial lainnya untuk berinvestasi di Reksa Dana akan meningkat di Tahun 2018 ini.

“Kami berharap kaum millennials, terutama mahasiswa lebih cepat memahami investasi Reksa Dana dan saham, mempraktekkannya (berinvestasi) sebagai kebutuhan dan gaya hidup mereka, karena murah dimulai dari Rp100.000,- saja sudah dapat berinvestasi. Selain itu dengan berinvestasi di Reksa Dana, juga memiliki tujuan jangka panjang sebagai bagian dari perencanaan keuangan melalui instrumen investasi yang bisa memberikan imbal hasil diatas nilai inflasi untuk mewujudkan kebutuhan di usia pensiun nanti,” kata Reita, di Gadung BNI,  Jakarta, Rabu (04/04/2018).

BNI-AM memperkenalkan Investasi Reksa Dana baik kepada pegawai BNI Group generasi millennial maupun kepada pegawai BNI Group sebagai alumni dari 3 Universitas (UI, ITB dan UGM) yang bekerjasama dengan BNI-AM dalam penerbitan Reksa Dana Endowment Fund.

Dalam pemaparannya di sosialisasi hari ini BNI-AM memberikan wawasan investasi mengenai instrumen Reksa Dana Endowment Fund diantaranya Reksa Dana BNI-AM Pendapatan Tetap Makara Investasi , Reksa Dana ITB Harmoni-BNI AM, dan Reksa Dana BNI-AM UGM Progressive Balanced kepada pegawai BNI Group. Adapun produk tersebut merupakan hasil kerjasama BNI-AM dengan UI, ITB dan UGM untuk mengembangkan Dana Abadi Universitas.

Produk Reksa Dana Endowment Fund merupakan Reksa Dana yang sharing Management Fee atas pengelolaannya akan diberikan kepada Universitas sebesar 33% dari total fee pengelolaan sebesar 1%, dan dapat digunakan oleh pihak Universitas untuk mengembangkan Kampus, baik untuk kebutuhan riset, beasiswa bagi mahasiswa yang tidak mampu, maupun pemeliharaan dan pengembangan sarana dan prasarana kampus. Selain itu, para investor juga dapat berpartisipasi kembali untuk memberikan sebagian ataupun seluruh imbal hasilnya kepada Universitas melalui pilihan fitur-fitur investasi yang ditawarkan.

“Dengan berinvestasi di Reksa Dana jenis Endowment Fund ini, para pegawai BNI yang merupakan alumni dari ketiga universitas tersebut tidak hanya mendapatkan imbal hasil investasinya, tetapi juga memberikan sumbangsih kepada almamaternya. Jadi ada misi sosial untuk berbakti kepada almamater,” imbuhnya.

Jenis investasi Reksa Dana Endowmend Fund ini, pegawai BNI dapat memulai belajar untuk berinvestasi, mulai dari Rp100.000, dimana pegawai BNI Group dapat memilih kategori Investasi Reguler atau yang Platinum. “Untuk kategori Investasi Reguler, Investor berhak atas seluruh unit penyertaan dan tetap mendapatkan seluruh hasil investasinya, sedangkan untuk kategori Investasi Platinum bersifat donasi dan hasilnya akan disumbangkan ke Universitas,” jelas Reita.

Selain memperkenalkan Reksa Dana Endowment Fund, pada event tersebut BNI-AM juga memperkenalkan beberapa produk reksadana unggulan diantaranya Reksa Dana Indeks BNI30 sebagai salah satu jenis Reksa Dana pasif yang diluncurkan BNI-AM tahun 2017. Reksa Dana BNI30 ini tujuan investasinya mereplikasi dari kinerja Indeks 30 yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang terdiri dari 30 saham emiten dengan nilai kapitalisasi terbesar dan terlikuid di BEI.

Dengan memiliki Reksadana BNI30, investor seakan membeli masa depan Indonesia karena saham-saham yang  masuk di Indeks 30 merupakan saham perusahaan berfundamental baik dari berbagai industri yang memiliki prospek positif. (AHM)

Check Also

Simas Jiwa Gelar Seminar Tentang Pencegahan Pencucian Uang 

JAKARTA – PT Asuransin Simas Jiwa bersama Entitas Utama Konglomerasi Keuangan Sinarmas Financial Services PT Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *