Sunday , December 16 2018
Home / Berita / Analis: Bunga Acuan Naik 50 Bps Diluar Perkiraan, Pasar Sambut Positif

Analis: Bunga Acuan Naik 50 Bps Diluar Perkiraan, Pasar Sambut Positif

Jakarta – Taye Shim, Head of Research Mirae Asset Sekuritas mengatakan bahwa kebijakan Bank Indonesia (BI) terus mengejutkan investor. Pada Jumat lalu, bank sentral menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bps (vs konsensus 25 bps) menjadi 5,25%.

“Mengingat BI telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar 100 bps selama 1,5 bulan terakhir, kami menyimpulkan bahwa BI tidak mau mentoleransi pelemahan lebih lanjut terhadap rupiah,” ujarnya di Jakarta, Senin (2/7/2018).

Ia menyatakan, laju kenaikan suku bunga sampai tahun itu bisa menjadi lebih agresif seperti apa yang telah diperkirakan yaitu sebanyak 5 kenaikan suku bunga pada 2018.

Meski demikian, ia menuturkan bahwa kenaikan suku bunga acuan tersebut disambut dengan reaksi yang positif oleh market. Itu tercermin pada nilai tukan USD/IDR yang tergelincir 0,4% dan investor asing beralih ke posisi net buy (Rp359 miliar).

“Yang mengejutkan kami adalah jatuhnya market yields meski ada kenaikan suku bunga yang agresif (1yr gov. bond yield -4bps, 10yr -10bps). Kami percaya sentimen market mengambil volatilitas FX dengan sangat serius dan dengan penuh semangat menunggu bank sentral beraksi,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 28-29 Juni 2018 lalu telah memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (BI 7-day Reverse Repo Rate) ke level 5,25 persen, suku bunga Deposit Facility ke level 4,50 persen, dan suku bunga Lending Facility ke 6,00 persen.

Secara rata-rata, suku bunga tersebut dinaikkan 50 basis poin (bps), di luar perkiraan beberapa analis yang memprediksi hanya 25 bps.

 

Check Also

Simas Jiwa Gelar Seminar Tentang Pencegahan Pencucian Uang 

JAKARTA – PT Asuransin Simas Jiwa bersama Entitas Utama Konglomerasi Keuangan Sinarmas Financial Services PT Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *