Wednesday , November 21 2018
Home / Berita / Pabrik Rampung, TPIA Siap Pasok Bahan Baku Ban Michelin
ban michelin energy xm2

Pabrik Rampung, TPIA Siap Pasok Bahan Baku Ban Michelin

Jakarta – Pembangunan pabrik PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) baru saja dirampungkan. SRI adalah joint-venture antara Michelin dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) yang memiliki total investasi sebesar US$435 juta dengan komposisi kepemilikan saham masing-masing sebesar 55% dan 45%.

Fasilitas ini berada di provinsi Banten dimana SRI adalah pabrik pertama di Indonesia yang dapat memproduksi bahan baku ban ramah lingkungan, menggunakan teknologi ekslusif milik Michelin.

“Ini merupakan suatu capaian baru bagi kami. Dengan terselesaikannya pembangunan pabrik, sekarang kami dapat memenuhi permintaan akan bahan baku ban ramah lingkungan dan mengurangi jumlah impor bahan baku,” ucap Brad Karas, Chief Executive Officer SRI di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Ia menjelaskan, SRI akan memproduksi Polybutadiene Rubber dengan Neodymium Catalyst dan Solution Styrene Butadiene Rubber; keduanya merupakan material yang digunakan untuk memproduksi ban ramah lingkungan. Bahan baku SRI akan berasal dari Butadiene yang di produksi oleh anak perusahaan Chandra Asri, Petrokimia Butadiene Indonesia.

Adapun, total produksi tahunan pabrik SRI diharapkan dapat mencapai 120kT. Produksi akan dimulai pada akhir Agustus dengan batch pertama dikirimkan ke Michelin untuk proses produksi lebih lanjut.

Check Also

SMGR Gelontorkan Rp13 Triliun Ambil Alih 80,6% Saham Holcim

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) baru saja menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *