Wednesday , November 21 2018
Home / Berita / Perusahaan Asuransi Kerjasama Dengan RS Hermina Atasi Ekses Pasien BPJS Kesehatan

Perusahaan Asuransi Kerjasama Dengan RS Hermina Atasi Ekses Pasien BPJS Kesehatan

Jakarta – Sebelas perusahaan asuransi yang tergabung dalam Forum Asuransi Kesehatan Indonesia (FORMAKSI) melakukan penandatanganan kerjasama dengan RS Hermina Group atas pasien Coordination of Benefit (CoB) BPJS Kesehatan.

 

FORMAKSI merupakan suatu forum yang mewadahi perusahaan asuransi jiwa dan asuransi umum yang memasarkan produk asuransi kesehatan. Didirikan pada tahun 2009, kini FORMAKSI beranggotakan 12 perusahaan asuransi.

 

“FORMAKSI hadir dan terbentuk di tahun 2009 yang lalu dengan Visi untuk mewujudkan arah dan tujuan usaha asuransi kesehatan di Indonesia dalam rangka meningkatkan pengendalian dan Pengawasan Pelaksanaan sewajarnya. Sedangkan Misi yang diemban FORMAKSI diantaranya adalah memberikan perlindungan kepada para Tertanggung (Peserta Asuransi Kesehatan) agar mendapatkan perlindungan yang wajar atas hak-haknya sebagai peserta asuransi kesehatan dan juga menumbuhkan hubungan timbal balik yang sehat antara asuransi dan Pemberi Pelayanan Kesehatan”, jelas Christian Wanandi, Ketua Umum FORMAKSI.

 

Beberapa program kerja yang telah dijalankan oleh FORMAKSI seperti Seminar untuk 136 RS di Jabodetabek dan Bandung, pembuatan standarisasi Formulir Klaim Rawat Inap dan Rawat Jalan FORMAKSI, menjadi nara sumber dan pembicara dalam diskusi panel mengenai SJSN, Sosialisasi Jaminan Asuransi kepada Rumah Sakit Provider, Diskusi tarif biaya perawatan dengan beberapa Rumah Sakit Provider dan Penyeragaman materi PKS Rumah Sakit Provider.

 

“Kerjasama yang ditandatangani hari ini merupakan addendum dari Kerjasama Direct Billing yang sudah berjalan sebelumnya antara masing-masing Perusahaan Asuransi dengan RS Hermina Group. Dengan adanya jaminan BPJS Kesehatan maka kerjasama ini diperluas untuk pasien CoB BPJS Kesehatan”, lanjut Christian

 

Saat ini bagi pasien BPJS Kesehatan yang memiliki Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT) harus membayar terlebih dahulu selisih biaya yang terjadi jika memilih perawatan diatas haknya (naik kelas kamar). Selisih ini dalam istilah asuransi dikenal dengan nama ekses.

 

Dengan adanya perluasan kerjasama ini, maka pasien BPJS Kesehatan yang juga memiliki AKT tidak perlu membayar ekses tersebut di Rumah Sakit karena ekses yang timbul akan langsung ditagih oleh Rumah Sakit ke Perusahaan Asuransi yang menerbitkan Polis AKT pasien (Layanan Cashless), tentu sesuai dengan Syarat dan Kondisi serta Batasan Jaminan Polis.

 

“Kami berharap perluasan kerjasama ini akan memberi kemudahan bagi pasien yang memiliki jaminan BPJS Kesehatan dan membeli Asuransi Kesehatan Tambahan. Addendum PKS ini juga kami harapkan terlaksana dengan baik untuk memaksimalkan manfaat asuransi yang dimiliki oleh para peserta asuransi kami”, jelas Dumasi M M Samosir selaku Direktur Eksekutif FORMAKSI.

 

“11 Perusahaan asuransi yang melakukan penandatanganan hari ini akan memberikan dukungannya sebagai pihak Penjamin Kedua (Asuransi Kesehatan Tambahan), sementara pihak BPJS Kesehatan sebagai Penjamin Pertama sesuai aturan Permenkes NO. 4 Tahun 2017. “, tambah Dumasi.

 

11 (Sebelas) Perusahaan Asuransi yang menandatangani Adendum PKS pada hari ini adalah PT Astra Aviva Life; PT Asuransi Allianz Life Indonesia; PT Asuransi Bina Dana Arta, Tbk; PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya; PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG; PT Asuransi Multi Artha Guna, Tbk; PT Asuransi Sinar Mas; PT Avrist Assurance; PT BNI Life Insurance; PT Equity Life Indonesia dan PT Lippo General Insurance, Tbk.

 

Terdapat lebih dari 2,8 juta peserta asuransi kesehatan yang saat ini terdaftar di perusahaan asuransi yang tergabung dalam FORMAKSI yang akan menikmati layanan ini.

 

Dengan adanya kerjasama ini, FORMAKSI dan 29 RS Hermina Group yang tersebar di 18 kota di Indonesia memiliki komitmen serta prioritas untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi pasien yang memiliki fasilitas asuransi kesehatan tambahan. Ini selaras dengan upaya memberikan dukungan terhadap peraturan pemerintah dan untuk mempermudah serta memaksimalkan manfaat dari Asuransi Kesehatan Tambahan (AKT) dan BPJS Kesehatan. (AHM)

Check Also

SMGR Gelontorkan Rp13 Triliun Ambil Alih 80,6% Saham Holcim

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) baru saja menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *