Wednesday , November 21 2018
Home / Berita / ASII Catat Pertumbuhan Laba 21% di Akhir Kuartal III
Kantor Pusat Astra di Sunter, Jakarta Utara (dok. Astra)

ASII Catat Pertumbuhan Laba 21% di Akhir Kuartal III

Jakarta – PT Astra International Tbk (ASII) catat pertumbuhan laba bersih 21 persen menjadi Rp17,073 triliun pada akhir kuartal III 2018 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar R14,159 triliun.

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur ASII menjelaskan, laba bersih Grup selama periode sembilan bulan 2018 meningkat, disebabkan penambahan kontribusi dari segmen bisnis alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, segmen jasa keuangan dan segmen otomotif, yang melebihi dari penurunan kontribusi segmen agribisnis.

Sementara itu, pelemahan mata uang Rupiah selama periode ini menekan marjin terhadap bisnis manufaktur Grup, dimana dampak tersebut diimbangi oleh bisnis-bisnis berbasis komoditas Grup, aktivitas ekspor serta meningkatnya keuntungan selisih kurs.

Pendapatan bersih konsolidasian Grup selama periode ini meningkat 16 persen dari Rp150,22 triliun menjadi Rp174,9 triliun. Pertumbuhan pendapatan tercatat pada hampir semua segmen, terutama dari segmen bisnis alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi.

Nilai aset bersih per saham Grup tercatat sebesar Rp32272 triliun pada 30 September 2018, atau 7 persen lebih tinggi dibandingkan posisi akhir tahun sebelumnya.

Sementara itu, jumlah kas bersih, di luar Grup anak perusahaan jasa keuangan mencapai Rp1,7 triliun, turun dibandingkan dengan nilai kas bersih sebesar Rp2,7 triliun pada 31 Desember 2017, hal ini disebabkan oleh investasi Grup pada bisnis jalan tol dan GO-JEK serta belanja modal pada bisnis kontraktor penambangan.

Khusus, anak perusahaan Grup segmen jasa keuangan mencatat utang bersih sebesar Rp47,8 triliun, dibandingkan dengan Rp46,1 triliun pada akhir tahun 2017.

“Kami berharap Grup akan mencapai kinerja tahunan yang baik, meskipun persaingan yang sengit di pasar mobil serta pelemahan harga minyak kelapa sawit masih tetap diwaspadai,” pungkasnya.

Check Also

SMGR Gelontorkan Rp13 Triliun Ambil Alih 80,6% Saham Holcim

Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) baru saja menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *