Saturday , December 15 2018
Home / Berita / Dorong Pengembangan UMKM, Bank Bjb Luncurkan Program Bjb Mesra

Dorong Pengembangan UMKM, Bank Bjb Luncurkan Program Bjb Mesra

Direktur Utama Bank Bjb, Ahmad Irfan saat memberikan sambutan di peluncuran Program bjb Mesra di Bogor.

Bogor – PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) meluncurkan program ‘bjb Mesra: Masyarakat Ekonomi Sejahtera’. Program ini digelar untuk mendorong tumbuh kembang pelaku UMKM di Jawa Barat, khususnya di kalangan umat beragama yang ada di sekitar rumah ibadat di Jabar.

Peluncuran program ini dihadiri Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat KH. Rachmat Syafe’I, Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jawa Barat H. Zulkarnaen, dan para Forum Komunikasi Pemimpin Daerah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor.

Adapun, peluncuran program bjb Mesra bertempat di Masjid Al-Hikmah, Desa Cibeber, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/11/18).

Bersamaan dengan itu, telah diadakan pula penandatanganan nota kesepahaman atau MoU antara Pemerintah Jabar, bank bjb, Majelis Ulama Indonesia Jabar, dan Dewan Masjid Indonesia Jabar dalam rangka dukung penuh program bjb Mesra sebagai salah satu program Gubernur Jabar dalam membangkitkan ekonomi masyarakat dan para pelaku UMKM.

“bank bjb sebagai regional champion berkewajiban untuk menggerakkan ekonomi umat dan mensejahterakan pelaku UMKM di sekitar rumah ibadat di wilayah Jawa Barat, selain itu juga dapat membantu mensejahterakan masyarakat prasejahtera” Ujar Direktur Utama bank bjb, Ahmad Irfan dalam keterangan resminya.

Sementara itu, Ridwan Kamil menuturkan bahwa program ini dilatarbelakangi fenomena sosial di masyarakat khususnya daerah yang minim akan akses pembiayaan, sehingga terjerat dengan pinjaman informal dengan bunga yang sangat tinggi.

“Warga cukup datang ke masjid atau rumah ibadat lainnya di desa atau kampungnya dan disetujui oleh pengurus rumah ibadat, sisanya bank bjb yang akan tindaklanjuti pinjaman tersebut”, jelas Ridwan.

Setelah diluncurkannya bjb Mesra, ekonomi masyarakat diharapkan dapat tumbuh dan berkembang memiliki usaha produktif, mengurangi ketergantungan kepada pinjaman informal, dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Jawa Barat.

“Melalui program ini, selain menambah pinjaman modal untuk usaha, masyarakat juga dapat menambah pengetahuan dan kemampuan berupa pelatihan manajemen usaha dan pelatihan mengelola keuangan”, kata Ahmad Irfan menambahkan.

Untuk diketahui, Program bjb Mesra atau Masyarakat Ekonomi Sejahtera, yaitu pinjaman yang disalurkan kepada masyarakat Jawa Barat dengan bentuk pinjaman tanpa agunan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta per orang.

Masyarakat Jabar dapat mengajukan Kredit Mesra dengan membentuk kelompok dengan jumlah anggota minimal 5 orang dan maksimal 10 orang serta direkomendasikan oleh Pengurus Rumah Ibadahnya masing-masing.

Pinjaman ini ditujukan bagi pelaku UMKM di Jabar khususnya usaha dengan skala mikro dengan jangka waktu maksimal 12 bulan.

Masyarakat yang berminat mengajukan pinjaman hanya menyiapkan persyaratan berupa KTP, KK dan surat menikah bagi yang telah menikah. Pinjaman ini pun hanya mengenakan biaya Administrasi yang dibayar di muka dan kemudian hanya membayar cicilan pokoknya saja sampai jangka waktu pinjaman berakhir.

Sebelum pinjaman diberikan, pelaku usaha yang telah memenuhi persyaratan akan terlebih dahulu diberikan Seleksi Pelatihan Keuangan Mikro guna meningkatkan kualitas pelaku UMKM di Jawa Barat.

Check Also

Simas Jiwa Gelar Seminar Tentang Pencegahan Pencucian Uang 

JAKARTA – PT Asuransin Simas Jiwa bersama Entitas Utama Konglomerasi Keuangan Sinarmas Financial Services PT Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *