Friday , February 22 2019
Home / Berita / Izin Usaha Dicabut, BEI Lelang Saham Milik Millenium dan Recapital Sekuritas
Bursa Efek Indonesia

Izin Usaha Dicabut, BEI Lelang Saham Milik Millenium dan Recapital Sekuritas

Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) menyampaikan pengumuman terkait rencana pelelangan 2 saham Anggota Bursa yang telah dicabut izin operasinya. Proses lelang akan digelar pada 1 Februari 2019.

Dua saham tersebut, sebelumnya dimiliki oleh PT Sinergi Millenium Sekuritas dan PT Recapital Sekuritas Indonesia. Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB) atau izin usaha dari kedua perusahaan efek itu telah dicabut pada awal 2018.

Untuk diketahui, Sinergi Millenium Sekuritas yang sebelumnya bernama Millenium Danatama Sekuritas memperoleh SPAB pada 22 Mei 1995.

Sebelum dicabut izinnya, Millenium telah dikenakan sanksi penghentian sementara aktivitas perdagangan di bursa atau suspensi pada 4 Oktober 2016.

Alasannya, pelaksanaan manajemen risiko dan pengendalian internal perusahaan efek ini dinilai meragukan.

Perusahaan efek ini telah menjadi perantara atau broker transaksi saham PT Sugi Energy Tbk (SUGI) oleh Dana Pensiun Pertamina yang merugikan negara hingga sebesar Rp1,4 triliun. Kejaksaan Agung telah menetapkan status tersangka dan pencekalan kepada Betty Halim yang merupakan Komisaris Utama di perusahaan efek tersebut.

Pada kasus ini pula, Helmi Kamal Lubis, Presdir Dapen Pertamina saat itu telah dijatuhi hukuman. Kasus ini juga melibatkan Edward Seky Suryajaya, anak pendiri Grup Astra selaku lawan transaksi dari Dapen Pertamina. Proses hukum atas dirinya masih terus berjalan.

Sebelumnya kasus saham SUGI ini muncul, Millenium sempat tersangkut kasus repo dan transaksi semu atas saham PT Sekawan Intipratama Tbk (SIAP) pada tahun 2015.

Sementara itu, Recapital Sekuritas sebelum dicabut izin usahanya, telah beberapa kali dikenakan suspensi akibat modal kerja yang tidak memadai dan penyajian laporan keuangan yang memperoleh opini ‘disclaimer’.

Check Also

BSDE Incar Marketing Sales Rp6,2 Triliun Tahun Ini, BSD City Masih Jadi Andalan

Tangerang — PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) mengincar perolehan penjualan marketing atau marketing sales …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *