Sunday , May 26 2019
Home / Berita / Emiten Pertama di Tahun Babi Tanah Catatkan Saham di Bursa
Produk makanan olahan dari PT Sentra Food Indonesia (Facebook)

Emiten Pertama di Tahun Babi Tanah Catatkan Saham di Bursa

Jakarta – PT Sentra Food Indonesia Tbk akan menggelar pencatatan sekaligus perdagangan perdana sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa, 8 Januari 2019. Dengan kode perdagangan FOOD, perusahaan ini menjadi emiten pertama yang ‘melantai’ di bursa pada tahun babi tanah berdasarkan almanak China.

Selaku otoritas penyelenggara perdagangan surat berharga, Bursa Efek Indonesia menyampaikan pengumuman bahwa rencana pencatatan efek PT Sentra Food Indonesia Tbk telah disetujui pada 3 Januari 2019. Saham perseroan dicatatkan di papan pengembangan.

Goklas Tambunan, Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 3 BEI menerangkan, jumlah saham yang dicatatkan oleh Sentra Food Indonesia adalah sebanyak 650 juta unit, yang terdiri atas saham milik pendiri sebanyak 500 juta saham dan sisanya 150 juta saham merupakan saham yang diterbitkan melalui penawaran umum.

Pada periode penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) yang telah digelar sebelumnya, telah ditetapkan harga perdananya adalah sebesar Rp135 per saham. Sedangkan, nilai nominal saham ini adalah Rp100 per saham.

Irvan Susandy, Kepala Divisi Operasional Perdagangan BEI, pada pengumuman yang sama, turut menjelaskan bahwa seluruh saham FOOD yang dimiliki PT Super Capital Indonesia (induk usaha FOOD) tidak dapat dialihkan hingga 8 bulan setelah pernyataan pendaftaran IPO perusahaan menjadi efektif.

Dalam keterangan di website Sentra Food, diketahui bahwa perusahaan ini didirikan pada 28 Juni 2004. Perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan minuman kemudian mengakuisisi PT Kemang Food Industries dan PT Sapbeverages Indonesia.

PT Kemang Food Industries atau Kemfood adalah pelopor dalam industri daging olahan di Indonesia. Perusahaan yang dipelopori oleh Bambang Mustari Sadion (Bob Sadino) pada awal 1970-an adalah salah satu perusahaan daging olahan pertama di Indonesia.

Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 1978, Bob Sadino mendirikan pabrik dengan teknologi modern yang didirikan di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta.

Pada tahun 2008, Kemfood bergabung dan menjadi bagian dari PT Super Capital Indonesia yang merupakan perusahaan induk dari perseroan.

Check Also

Telkom Tebar Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *