Sunday , May 26 2019
Home / Berita / Gandeng Adaro, ADHI Garap Proyek Air Minum Dumai Senilai Rp489 Miliar
Ilustrasi air bersih (UWM)

Gandeng Adaro, ADHI Garap Proyek Air Minum Dumai Senilai Rp489 Miliar

Gandeng Adaro, ADHI Garap Proyek Air Minum Dumai Senilai Rp489 Miliar

Jakarta – PT Adhi Karya Tbk (ADHI) memenangkan tender proyek investasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kota Dumai, Provinsi Riau. ADHI menggandeng PT Adaro Tirta Mandiri dalam proyek ini.

Keterangan resmi yang dirilis Adhi Karya, Selasa (22/1/2019) menyebutkan, porsi kepemilikan ADHI pada proyek ini adalah sebesar 51%, dan sisanya dimiliki PT Adaro Tirta Mandiri.

Dijelaskan, proyek investasi SPAM ini merupakan proyek dengan skema kerja sama antara pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dimana seluruh biaya investasi berasal dari konsorsium pemenang yakni Adhi dan Adaro Tirta Mandiri.

Total investasi proyek ini diperkirakan sebesar Rp489 miliar dengan masa konsesi selama 25 tahun.

Untuk melaksanakan pembangunan dan operasional SPAM kota Dumai, ADHI bersama dengan Adaro Tirta Mandiri akan mendirikan anak usaha sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dimana pendanaannya berasal dari 30% ekuitas dan 70% pinjaman.

KPBU SPAM Kota dumia ini direncanakan akan memasok air minum kepada PDAM Kota Dumai. Perencanaan produksi dilakukan secara bertahap hingga perusahaan dapat memproduksi air minum sampai dengan 450 liter per detik.

KPBU SPAM Kota Dumai akan memanfaatkan sumber air dari Sungai Mesjid di Kelurahan Bukit Timah dan pembangunan SPAM ini ditargetkan dapat tersambung ke 20.300 sambungan rumah pada 2024.

Check Also

Telkom Tebar Dividen Rp16,23 Triliun

Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *