Wednesday , April 24 2019
Home / Berita / Mirae: Prospek Sepeda Motor Listrik di Indonesia Bakal Cerah
Sepeda motor listrik Honda PCX Electric (Honda Global)

Mirae: Prospek Sepeda Motor Listrik di Indonesia Bakal Cerah

Jakarta – Kualitas udara yang buruk di ibu kota akibat lalu lintas kendaraan yang padat telah menjadi masalah yang mendesak. Menurut Badan Lingkungan Hidup Jakarta, emisi kendaraan bertanggung jawab sebanyak 70% dari polusi udara kota.

Nur Marini, Analis Mirae Asset Sekuritas mengatakan, kendaraan listrik (EV), yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik melalui motor listrik, merupakan solusi potensial yang penting untuk polusi terkait emisi kendaraan.

Baru-baru ini, dengan kompetisi yang masih jinak, PT Astra Honda Motor secara resmi memperkenalkan sepeda motor listrik pertama Honda untuk market Indonesia, Honda PCX EV.

Jumlah sepeda motor di Indonesia meningkat 5,8% menjadi 44,7 juta unit pada 2017 (vs. 42 juta unit pada 2016). Euromonitor memperkirakan penjualan sepeda motor Indonesia untuk memperluas CAGR sebesar 8,1% selama 2015-2020, tingkat tercepat ketiga setelah Cina dan India.

“Kami percaya kunci untuk mempertahankan pertumbuhan volume EV adalah mengembangkan jaringan distribusi yang luas dari stasiun pengisian baterai umum,” katanya dalam laporan riset di Jakarta, Jumat (8/2/2018).

Honda PCX EV, diluncurkan oleh Astra Honda Motor (ASII IJ/Not Rated/ Price: IDR8,200), memiliki dinamo dan dua baterai, masing-masing dengan tegangan maksimum 50,4V. Dari perspektif biaya perawatan, produk-produk tersebut memiliki biaya operasi yang lebih murah daripada sepeda motor berbahan bakar bensin.

Kami memandang EV sebagai solusi penting untuk mengurangi polusi udara yang terkait dengan emisi kendaraan. Dalam konteks Indonesia, sepeda motor listrik akan menjadi sorotan, mengingat bahwa sepeda motor adalah moda transportasi paling populer untuk menavigasi lalu lintas perkotaan yang terkenal di Indonesia.

Check Also

DMAS Bagikan Deviden Rp1,01 Triliun

Jakarta – PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) akan membagikan deviden tunai ke pemegang saham untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *