Monday , July 15 2019
Home / Berita / ICDX Luncurkan Kontrak Fisik Timah Batangan
Peluncuran Kontrak Fisik Timah oleh ICDX.

ICDX Luncurkan Kontrak Fisik Timah Batangan

Jakarta – Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX) meluncurkan kontrak fisik timah murni batangan (ex-warehouse). Diharapkan, penyerahan timah yang sebelumnya dilakukan secara tertutup di atas kapal bisa beralih ke gudang Pusat Logistik Berikat (PLB).

“Dahulu sebanyak 70 persen timah Indonesia yang akan diekspor penyimpanannya di Singapura. Dengan adanya kontrak ini, timah akan disimpan di PLB yang ada di Indonesia. Devisa bisa kembali lagi,” jelas Lamon Rutten, Chief Executive Officer (CEO) ICDX di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Menurutnya, penggunaan fasilitas PLB yang berlokasi di Bangka Belitung dalam transaksi ekspor timah ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. “Sebanyak 6.000 ton timah di Singapura bisa disimpan di PLB,” ucapnya.

Dengan adanya fasilitas penyimpanan ini, timah yang diekspor akan memiliki kepastian hukum dan timah di PLB merupakan komoditas yang tercatat sebagai barang ekspor. Ini sesuai dengan Peraturan Menkeu No. 28 Tahun 2018, dimana komoditas di PLB tercatat sebagai barang yang sudah diekspor.

Lamon juga menyatakan, penyimpanan cadangan komoditas pada gudang PLB merupakan inisiatif Presiden Joko Widodo. Pada 2016, Jokowi menegaskan bahwa para pengusaha di kawasan PLB diharapkan mampu memindahkan penimbunan barang ekspor di luar negeri ke Indonesia.

“Peluncuran Kontrak Fisik Timah Murni Batangan (Ex-Warehouse) ini merupakan optimalisasi penggunaan gudang logistik berikat dan dapat menghilangkan country risk bagi pihak pembeli dan penjual timah,” papar Lamon.

Dengan demikian, imbuh Lamon, timah yang sudah terjual akan disimpan di gudang PLB dan mendapatkan kepastian hukum. “Dengan perlakuan seperti ini, pelaku pasar timah global akan merasa lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi timah di Indonesia, baik darl segi pembiayaan maupun logistik,” tegasnya.

Selain itu, manfaat lain terkait usaha ICDX yang telah meluncurkan kontrak fisik timah murni batangan, maka industri pertambangan timah lebih terorganisir serta adanya kepastian pembayaran royalti dan penerimaan Devisa Hasil Ekspor (DHE).

“Fluktuasi harga timah yang stabil bisa menciptakan pasar yang kompetitif dan transparan,” pungkasnya.

Check Also

Telkomsel Pastikan Jaringan Aman Saat Ibadah Haji

Jakarta – Telkomsel dalam memastikan pengalaman berkomunikasi bagi para jamaah di Tanah Suci, menyiapkan berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *