Saturday , March 23 2019
Home / Berita / PSSI Raih Kontrak Pengangkutan Batubara dan Nikel Berdurasi 5 Tahun
Armada Pelita Samudera Shipping

PSSI Raih Kontrak Pengangkutan Batubara dan Nikel Berdurasi 5 Tahun

Jakarta – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) mengumumkan penandatanganan kontrak baru senilai sekitar US$39,4 juta untuk pengapalan bijih nikel dan batubara selama 5 tahun. Perseroan akan memasok kebutuhan pabrik peleburan nikel utama di Indonesia, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI).

PSS akan melakukan pengangkutan bijih nikel dari Pulau Halmahera ke Pulau Sulawesi, dan pengangkutan batubara dari Pulau Kalimantan ke Pulau Sulawesi.

Dengan menggunakan dua kapal kelas supramax yang baru dibeli, yaitu MV Daidan Pertiwi dan MV Daidan Mustikawati. Untuk diketahui, perseroan mengeluarkan dana sebesar US$11 juta untuk membeli kapal pertama pada Januari 2019 lalu. Kapal kedua dibeli sebulan kemudian, dengan harga dibawah US$10 juta.

Imelda Agustina Kiagoes, Sekretaris Perusahaan PT Pelita Samudera Shipping Tbk menjelaskan, dengan adanya 2 kapal baru itu, kapasitas kargo per Dead Weight Ton (DWT) untuk kapal induk (MV) naik dari sekitar 31 ribu DWT di Kuartal 1 2018 menjadi sekitar 174,6 ribu DWT.

“Pencapaian ini adalah kontrak time charter terbesar yang berhasil diraih dalam lima tahun terakhir,” kata Imelda dalam keterangan resmi, Senin (11/3/32019).

Ia menambahkan, perolehan kontrak tersebut menunjukkan usaha perseroan untuk mengembangkan basis pelanggan dari batubara ke sektor lainnya, termasuk mineral.

“Dengan demikian, dapat mendukung bagian mata rantai logistik dari langkah Indonesia untuk menciptakan nilai tambah dari industri hilir tambang,” pungkasnya.

Check Also

Bakamla Dukung Pengamanan Sistem Komunikasi Kabel Laut Telkom

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatangani Perjanjian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *