Friday , August 23 2019
Home / Berita / Fokus CKPN Picu Gerus Laba Bank Ina Perdana

Fokus CKPN Picu Gerus Laba Bank Ina Perdana

Jakarta – PT Bank Ina Perdana Tbk (BINA) mengakui, tingkat laba bersih yang menurun 37,9 persen menjadi Rp11 miliar di 2018, dikarenakan fokus perseroan dalam membentuk Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN).

“Laba kami di 2018 menurun, karena kami banyak membentuk CKPN untuk mengatasi masalah yang ada di debitur,” ucap Direktur Utama BINA, Daniel Budirahaju di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Dia mengatakan, pada tahun lalu debitur mengalami banyak persoalan dari sisi global maupun perekonomian domestik, seperti depresiasi rupiah terhadap dolar AS, perlambatan IHSG dan kebijakan Bank Indonesia (BI) di 2018 yang menaikkan BI 7day Reverse Repo Rate sebanyak 175 basis poin menjadi 6 persen.

“Hal-hal ini yang memberi dampak ke perusahaan-perusahaan untum membayar kewajibannya,” ucapnya.

Selain memperbesar CKPN, bilang Daniel, pada tahun ini BINA membuka dan merelokasi jaringan kantor, memperkuat sumber daya manusia (SDM) dan pembangunan digital banking.

“Kami juga sudah bekerjasam dengan jaringan ATM Bersama dan Prima,” jelas dia.

Daniel memprediksi, pada tahun ini BINA akan mampu merealisasikan target pertumbuhan penyaluran kredit sekitar 14-17 persen, pendapatan bunga berkisar 18-21 persen dan pertumbuhan laba bersih sekitar 10-12 persen.

“Kami akan menjaga NPL (rasio kredit bermasalah) sebesar 2 persen,” ujar Daniel.

Pada 2018, BINA menyalurkan kredit sebesar 1,76 triliun, sedangkan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp2,54 triliun. Sementara itu, NPL gross per akhir 2018 tercatat sebesar 2,43 persen. “CAR (rasio kecukupan modal) kami di 2018 masih sebesar 55,03 persen,” imbuhnya.

Sementara itu, pada 2018 tingkat beban CKPN BINA tercatat sebesar Rp30 miliar atau lebih tinggi sebesar 25,3 persen dibandingkan dengan posisi per akhir 2017 yang senilai Rp24 miliar.

Check Also

MNC Bank Luncurkan Kartu Digital MNC Bank Loyalty Club

Lantaibursa – PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) memberikan apresiasi kepada nasabah tabungan berupa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *