Sunday , June 23 2019
Home / Berita / ICA-TRC PLN Kompak Suplai Makanan untuk Daerah  Bencana

ICA-TRC PLN Kompak Suplai Makanan untuk Daerah  Bencana

JAKARTA-Sebagai salah satu asosiasi profesi yang ada di Indonesia, Indonesian Chef Association (ICA) terus mencari cara untuk dapat berkontribusi positif terhadap masyarakat Indonesia secara luas. Salah satunya melalui kegiatan sosial berupa penyediaan suplai makanan yang layak dan memadai bagi korban ketika suatu saat terjadi bencana di suatu daerah. “Kita bisa lihat ketika terjadi bencana, soal evakuasi korban hingga pemulihan sarana dan infrastruktur sudah banyak relawan yang berdatangan dan membantu. Nah seperti lazimnya manusia biasa, para relawan ini kan juga membutuhkan asupan makanan,” ujar Anggota Indonesian Chef Association (ICA) asal Garut, Shanty Dewi Nurhayani, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tak hanya sekadar tersedia, menurut wanita yang akrab disapa Dewi ini, asupan makanan untuk relawan bencana juga harus dipikirkan betul soal asupan gizinya karena jenis pekerjaan yang dilakukannya kerap kali sangat berat dan bahkan melampaui beban kerja di masa normal.

Menurut wanita yang merupakan pemilik bisnis katering bernama Pawon Basadjan itu, kerap kali asupan makanan bagi relawan cenderung disepelekan lantaran fokus utama pekerjaan lebih pada korban bencana. Hal ini yang rawan mengganggu kondisi kesehatan para relawan yang notabene sangat memerlukan makanan bergizi. “Karena di ICA yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata, kami kerap terjun ke lokasi bencana alam untuk membantu organisasi, baik pemerintah, sosial maupun swasta untuk mengelola dapur umum yang mereka gelar di lokasi bencana. Kami memberikan saran panduan menu-menu yang cocok untuk daerah tersebut, kandungan gizi yang baik, cara pengolahan dan peralatan yang diperlukan untuk memasak dalam jumlah besar,” tutur Dewi. Tak hanya melulu soal menu, tim ICA juga turut memikirkan soal manajemen higienitas dapur umum, agar kebersihan dan kesehatan selalu terjaga dari bahan baku hingga makanan jadi. Nah sepanjang pengalaman, Dewi menjelaskan, salah satu pihak memiliki concern yang sama dan kerap bekerja sama dengan ICA adalah Tim Reaksi Cepat PLN. Secara garis besar keterlibatan TRC PLN dalam misi kemanusiaan terbagi dalam dua bentuk, yaitu melakukan pencarian dan penyelamatan (search and rescue) korban bencana di wilayah berair dan daerah berketinggian, serta penyediaan dapur umum. “Mereka (TRC PLN) biasanya bertugas mencari dan mengevakuasi korban bencana. Nah ketika mereka tidak sedang terlibat dalam aktivitas SAR, mereka juga men-support makanan untuk tim pemulihan infrastruktur listrik PLN maupun badan koordinator bencana lain, dan juga masyarakat terdampak bencana,” papar Dewi.

Dalam melaksanakan kinerjanya di daerah bencana, Dewi menyebut bahwa TRC PLN juga memiliki standar yang relatif tinggi dalam hal penyediaan dan pengelolaan dapur umum. TRC PLN bahkan tak segan menggelontorkan bahan pangan terbaik untuk para korban bencana, termasuk untuk tenaga relawan dari berbagai badan pemerintah maupun swasta. “Sama dengan kami di ICA, TRC PLN juga benar-benar menginginkan makanan bernutrisi lengkap dan dengan rasa yang sesuai dengan cita rasa lokal daerah tersebut. Ini membuat kami kagum dengan komitmen TRC PLN yang sepenuh hati,” ungkap Dewi. Karena standar yang tinggi itu pula, lanjut Dewi, tak heran bila dapur umum TRC PLN kerap dijadikan percontohan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Dapur umum TRC juga kerap menjadi rujukan kala pejabat pemerintah daerah dan pusat mendatangi lokasi bencana. “Handling asupan makanan mereka bagi kami sudah setara hotel-hotel mewah. Mereka tak segan menyiapkan asupan makanan berstandar tinggi untuk para relawan dan juga korban bencana. Kami salut,” tegas Dewi. (JAT)

Check Also

Summarecon Agung Sebar Dividen Rp5 per Saham

Jakarta – PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) berencana membagikan dividen sebesar Rp5 per saham kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *