Tuesday , November 12 2019
Home / Berita / Periode Ramadhan dan Idulfitri 1440 H, BI Siapkan Uang Kartal Rp217,1 Triliun

Periode Ramadhan dan Idulfitri 1440 H, BI Siapkan Uang Kartal Rp217,1 Triliun

Jakarta – Bank Indonesia (BI) memprediksi kebutuhan uang kartal pada periode Ramadan dan Idulfitri 1440 H atau tahun ini sebesar Rp217,1 triliun. Jumlah itu mengalami pertumbuhan 13,5 persen bila dibandingkan periode tahun lalu yang sebesar Rp191,3 triliun.

“Kenaikan ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada libur panjang serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta,” ucap Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Dari total itu, kata dia, diperkirakan sebanyak Rp197,2 triliun merupakan uang pecahan besar (UPB) dan sisanya Rp19,9 triliun merupakan uang pecahan kecil (UPK).

“Kenaikan kebutuhan uang (outflow) pada periode tahun ini diprakirakan terjadi di seluruh satker kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp51,5 triliun,” jelas Rosmaya.

Dia mengatakan, melayani kebutuhan uang kartal di masyarakat, BI menyiapkan strategi pemenuhan uang rupiah melalui kebijakan distribusi uang dan layanan kas yang prima.

“Strategi tersebut dapat dilihat dari dua aspek yaitu strategi internal dan strategi eksternal,” ucapnya.

Dari sisi internal BI berkomitmen untuk mengoptimalkan pengolahan uang di seluruh satker kas, menjaga ketersediaan kas secara nasional dan melakukan distribusi uang serta layanan kas di seluruh wilayah NKRI, mengoptimalkan peran kas titipan dan kas keliling dalam melakukan distribusi uang, dan memperkuat komunikasi yang efektif terkait kesiapan BI menghadapi Ramadan dan Idulfitri 1440 H.

Sedangkan dari sisi eksternal, BI melakukan langkah-langkah untuk memperluas titik penukaran melalui kerja sama perbankan di titik keramaian, mengintensifkan kerja sama dengan penyedia jasa transportasi, mengimbau perbankan untuk mengoptimalkan pengolahan uang dan menjaga ketersediaan ATM dengan kualitas yang baik.

“BI mendorong masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang,” tukas Rosmaya.

Check Also

KISI Asset Management Luncurkan ETF Berbasis Indeks IDX Value30

Jakarta – PT KISI Asset Management (KISI AM) meluncurkan produk reksa dana perdana KISI IDX …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *