Sunday , October 20 2019
Home / Berita / S&P Kerek Tingkat Peringkat Kredit Chandra Asri Petrochemical

S&P Kerek Tingkat Peringkat Kredit Chandra Asri Petrochemical

Jakarta – Perusahaan petrokimia Indonesia terbesar yang terintegrasi, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) memperoleh peningkatan peringkat kredit dari Standard and Poor’s Global Ratings (S&P), lembaga independen pemeringkat kredit tingkat global pada 26 Juni 2019 lalu.

Mengutip keterangan resmi, CAP menerima peringkat BB- dengan outlook stable untuk kategori kredit jangka panjang dari S&P, satu peringkat diatas B+ yang merupakan rating sebelumnya.

“Peningkatan peringkat ini terjadi seiring dengan penguatan kualitas kredit induk usaha CAP, PT Barito Pacific Tbk (Barito) yang pada tahun 2018 mengakuisisi Star Energy. Langkah akuisisi tersebut turut meningkatkan stabilitas pemasukan dan diversifikasi bisnis Barito,” ujar Presiden Direktur CAP Erwin Ciputra, Rabu (3/7/2019).

Erwin menjelaskan, peningkatan peringkat BB- turut berlaku untuk obligasi senior tanpa jaminan senilai USD 300 juta yang diterbitkan CAP. Dengan adanya peningkatan ini, peringkat kredit internasional CAP dari tiga lembaga pemeringkat global ternama menjadi selaras, mulai dari peringkat Ba3 dari Moody’s, BB- dari Fitch dan BB- dari S&P.

Menurutnya, Rating tersebut adalah empat peringkat di bawah sovereign rating Indonesia yaitu Baa2 untuk Moody’s, BBB untuk Fitch, dan BBB untuk S&P.

“Kami menyambut baik peningkatan peringkat yang diberikan S&P, bagi kami ini adalah rekognisi eksternal yang positif terhadap progres dan upaya yang kami lakukan untuk memperkuat kualitas kredit CAP. Kami akan terus menjaga tata kelola perusahaan dengan baik, mempertahankan likuiditas dan neraca yang kuat untuk mendukung performa finansial perusahaan yang sejalan dengan langkah pergembangan dan ekspansi di masa mendatang,” ungkap dia.

Operasional CAP yang terintegrasi, dengan skala yang lebih besar setelah ekspansi cracker di tahun 2015, serta penguatan neraca keuangan merupakan sebuah gambaran profil kredit BB- dari S&P.

“Peningkatan peringkat kredit ini turut mencerminkan peningkatan fundamental melalui strategi bisnis Perseroan untuk diversifikasi produk dan ekspansi kapasitas produksi guna memenuhi permintaan produk petrokimia dalam negeri yang terus meningkat,” tukas dia.

Check Also

Tingkatkan Elektrifikasi, PLN Luncurkan 1.000 RE for Papua

JAKARTA-Kawasan Papua merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang sangat luas dengan bentang alam yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *