Sunday , September 15 2019
Home / Berita / 59 Emiten Gapai Penghargaan The Best Issuers Award 2019

59 Emiten Gapai Penghargaan The Best Issuers Award 2019

Jakarta – Sebanyak 59 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia mendapatkan The Best Issuers Award 2019 dari Pikiran Rakyat dan ThinknovateComm. Penghargaan Market Capitalization juga diberikan pada 20 perusahaan terpilih.

The Best Issuers Award 2019 merupakan apresiasi kepada perusahaan perusahaan publik terbaik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Sebanyak 498 perusahaan masuk dalam penilaian penghargaan, dimana perusahaan–perusahaan tersebut dikelompokkan berdasarkan sembilan kelompok sektor yang didasarkan pada klasifikasi industri. Setiap perusahaan akan berkompetisi dengan perusahaan lain di setiap sektor.

Penghargaan diberikan kepada masing-masing pemenang di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019. Hadir dalam acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Jayadi, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa rasio antara market kapital dengan pendapatan domestik bruto Indonesia masih sekitar 50 persen. Rasio ini masih tergolong sangat kecil dibandingkan negara tetangga yang bisa mencapai lebih dari 100 persen.

“Kondisi itu menunjukan ruang yang cukup besar untuk mengembangkan pasar modal. Meskipun demikian, diperlukan inovasi dari regulator untuk mengembangkan pasar modal,” ucap dia.

Rudiantara mengatakan, bursa efek di Indonesia masih identik dengan perusahaan-perusahaan yang berbasis aset. Padahal di era digital saat ini, terdapat beberapa perusahaan berpotensi besar yang tidak memiliko aset besar. Contohnya adalah decacorn Gojek dan tiga unicorn yaitu Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

“Lihat gojek, siapa yang punya motor, mobil, atau restoran? Bukan Gojek. Namun mereka memiliki valuasi 10 miliar Dolar AS. Jika kita masih terlaku pada aset, jangan sampai akhirnya lari ke bursa Hongkong atau negara lainnya,” terang dia.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Jayadi mengatakan, penilaian The Best Issuers Award cukup unik. Kriterian penilaian berdasarkan EBITDA (Earning Before Income, Taxes, Depreciation & Amortization) dan pertumbuhan EBITDA. kapitalisasi pasar, dan likuiditas saham.

Inarno mengatakan, dirinya mengapresiasi iniatif dari pemberian penganugerahan ini. Dia berharap penghargaan ini dapat memacu emiten dalam meningkatkan kinerja perusahaan tercatat.

“Pada akhirnya ini dapat memajukan pasar modal dan ekonomi Indonesia,” jelas dia.

Direktur Bisnis Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita pasar modal menjadi tolak ukur kondisi ekonomi suatu negara. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan edukasi pada masyarakat mengenai emiten emiten terbaik yang dapat menjadi pilihan untuk berinvestasi.

Sementara bagi emiten, lanjut Januar, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur kinerja dan keterbukaan informasi pada masyarakat. “Ini juga sebagai sarana edukasi dan meningkatkan literiasi pasar modal kepada masyarakat luas,” tukas dia.

Check Also

Schneider Electric Perkenalkan Solusi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Pintar di Indonesia

Jakarta – Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, menyatakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *