Sunday , September 15 2019
Home / Berita / Rumah Zakat Siap Tanggulangi Potensi Bencana Dengan Desa Tangguh Bencana

Rumah Zakat Siap Tanggulangi Potensi Bencana Dengan Desa Tangguh Bencana

Jakarta – Rumah Zakat telah membentuk 28 Desa Tangguh Bencana di 22 kota untuk mengantisipasi bencana yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Pembentukan Desa Tangguh Bencana itu dimaksudkan agar masyarakat desa yang rawan bencana memiliki kemampuan mandiri untuk mengantisipasi dini bila terjadi bencana di wilayahnya, baik sebelum, ketika terjadi bencana, maupun sesudah terjadi bencana.

lantaibursa.id/MS Fahmi
Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dodo Widodo saat memperlihatkan kondisi kekeringan yang terjadi di wilayah Indonesia, di Jakarta, Kamis (29/08/2019).

Pemerintah memprediksi musim kemarau tahun ini akan mengakibatkan 48.491.666 jiwa terancam kekeringan di 28 provinsi. Sekitar 92 persen wilayah Indonesia mengalami kemarau.

lantaibursa.id/MS Fahmi
Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda saat memberikan keterangan terkait kegiatan yang dilakukan Rumah Zakat Action dalam penanggulangan bencana kekeringan di Jakarta, Kamis (29/08/2019).

Untuk menanggulangi hal tersebut melalui Rumah Zakat Action selama periode Mei-Agustus 2019, Rumah Zakat telah mendistribusikan sebanyak 451.000 liter air bersih di 17 titik kekeringan di 7 provinsi di Indonesia. Jumlah tersebut akan terus meningkat pada puncak kemarau yaitu Agustus hingga September. Untuk pekan ini Rumah Zakat akan mengirim bantuan air bersih di 30 titik kekeringan di 11 provinsi.

lantaibursa.id/MS Fahmi
(kiri-kanan) Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dodo Widodo dan Chief Marketing Officer Rumah Zakat Irvan Nugraha berpose usai memberikan keterangan terkait Penanggulangan Bencana Kekeringan di Jakarta, Kamis (29/08/2019).

Check Also

Schneider Electric Perkenalkan Solusi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listrik Pintar di Indonesia

Jakarta – Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, menyatakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *