Friday , April 3 2020
Home / Berita / ASLI RI Luncurkan Aplikasi Digital Onboarding Bagi Penyedia Jasa Keuangan

ASLI RI Luncurkan Aplikasi Digital Onboarding Bagi Penyedia Jasa Keuangan

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengimbau agar masyarakat Indonesia di seluruh lapisan melaksanakan kebijakan Social Distancing dalam beraktivitas, bekerja, belajar dan beribadah di rumah masing-masing. Hal demi menekan penyebaran dan dampak negatif dari virus Covid-19 (Corona).

Dengan adanya kejadian itu, Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) meluncurkan Aplikasi Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik dan Liveness Test untuk Penyedia Jasa Keuangan dalam rangka membantu menjaga Onboading New Clients tetap berjalan.

Komisaris ASLI RI Robert Rompas menyatakan, pada sektor jasa keuangan, istilah Digital Onboarding mengacu pada proses pengajuan pembuatan rekening secara daring melalui website ataupun aplikasi telepon pintar. ASLI RI menawarkan proses Digital Onboarding yang sangat mudah dan secured. Hal pertama, klien Penyedia Jasa Keuangan (PJK) memfoto Kartu Identitas yang akan terbaca secara otomatis oleh teknologi OCR (Optical Character Recognition).

“Kedua, klien diminta untuk melakukan foto selfie dan test Liveness untuk menentukan bahwa yang melakukan pengajuan adalah orang hidup bukan foto. Ketiga, seluruh data identitas dan foto selfie yang diambil akan diverifikasi secara biometrik kepada database pemerintah. Seluruh proses tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi mobile di telepon pintar maupun melalui website yang selesai kurang dari dua menit,” ucap dia dalam keterangannya yang diterima media, Rabu (25/3/2020).

Dengan aplikasi ini, bilang Robert, bisnis Penyedia Jasa Keuangan dapat terus berjalan, dapat terus Onboarding New Clients tanpa harus bertemu dan tetap dapat menekan Fraud dan angka NPL rendah, sehingga dalam masa Social Distancing, #DiRumahAja maupun Work from Home, bisnis dapat terus berjalan.

“Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik akan menjadi kunci terobosan bagi para Penyedia Jasa Keuangan di masa sulit ini,” jelas dia.

Robert menekankan, bisnis yang tidak siap secara digital akan menghadapi masa sulit atau bahkan hilang tenggelam dan ditengah situasi pandemik global COVID-19 ini. Maka dari itu penyedia jasa keuangan harus memiliki Aplikasi Digital Onboarding ini.

Kini ASLI RI telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia teknologi Inovasi Digital Keuangan (IKD) dengan nomor Surat No S-130/MS.72/2020 dan perusahaan Biometric Security di Indonesia pertama yang mempunyai sertifikat FIDO2 Server Certificate.

Check Also

#DiRumahTerusMaju Wujud Komitmen Telkomsel Atasi COVID-19 di Indonesia

Jakarta – Telkomsel berkomitmen terus proaktif mengambil peran dalam upaya gotong royong untuk terus bergerak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *