Sunday , April 5 2020
Home / Berita / TIKI Berbagi 3 Tips Untuk Pelaku UMKM Yang Melakukan Pengiriman Internasional

TIKI Berbagi 3 Tips Untuk Pelaku UMKM Yang Melakukan Pengiriman Internasional

Jakarta – TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, berbagi tips kepada pelaku UMKM agar dapat melakukan pengiriman internasional melalui jalur udara dengan mudah dan tanpa kendala. Ada tiga (3) hal penting yang harus diperhatikan ketika akan melakukan pengiriman internasional yaitu syarat penerimaan kargo, bea dan pungutan pajak lainnya yang dikenakan, dan jenis layanan pengiriman yang akan digunakan.

Ahmad Kurtubi, Senior Marketing & Sales Manager TIKI dalam keterangan resminya mengatakan “Masih banyak para pelaku UMKM yang melakukan pengiriman ekspor impor namun belum memahami betul syarat-syarat pengiriman internasional via udara sehingga sering terjadi kendala yang menyebabkan keterlambatan pengiriman atau biaya kiriman yang akhirnya membengkak. Untuk itu perlu bagi para pelaku UMKM untuk memahami dan memastikan aspek-aspek penting dalam pengiriman internasional terpenuhi.”

Adapun aspek-aspek penting dalam pengiriman internasional antara lain: Syarat penerimaan kargo, Air Way Bill, Documentation, Shipping instruction, Invoice, Packing list, Dokumen tambahan lainnya sesuai jenis barang yang akan dikirim.

Selanjutnya, terkait bea dan pungutan pajak lainnya yang dikenakan, ia menambahkan, ada dua macam bea yang dikenakan pada barang kiriman internasional, yaitu bea masuk (untuk barang-barang yang masuk ke wilayah Indonesia atau impor) dan bea keluar (untuk barang-barang yang dikirim dari wilayah Indonesia atau ekspor). “Kedua bea ini memiliki aturan tarif yang dikenakan sesuai dengan jenis dan nilai barang merujuk pada Buku Tarif Kepabean Indonesia,” urai Ahmad.

Terakhir, terkait jenis layanan pengiriman internasional, lanjutnya, ada beberapa jenis layanan pengiriman internasional. Di antaranya, layanan Door-to-Door (barang dijemput di alamat pengirim dan dikirim ke alamat penerima), Door-to-Port (barang dijemput di alamat pengirim dan dikirim sampai bandara tujuan), dan Port-to-Port (barang dijemput di bandara asal dan dikirim sampai bandara tujuan).

“Di TIKI, kami menyediakan layanan pengiriman internasional Door-to-Door dengan biaya yang sangat kompetitif untuk memberikan fleksibilitas bagi pelaku UMKM. Mulai dari Rp 100 ribuan, pelaku UMKM sudah dapat melakukan pengiriman ke luar negeri. Pengiriman Internasional TIKI melayani pengiriman ke lebih dari 100 negara. Kami juga menyediakan layanan JEMPOL (Jemput Online) dimana pengirim tidak perlu datang ke gerai TIKI. Barang akan dijemput di lokasi yang ditentukan oleh pengirim,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, TIKI juga memiliki layanan Pengemasan dan Pengemasan Ulang untuk membantu para pelaku UMKM dalam memastikan pengemasan barang kiriman sesuai standard IATA. Termasuk, layanan asuransi untuk memberikan perlindungan bagi barang dan dokumen serta menambah kenyamanan saat melakukan pengiriman barang.(*)

Check Also

#DiRumahTerusMaju Wujud Komitmen Telkomsel Atasi COVID-19 di Indonesia

Jakarta – Telkomsel berkomitmen terus proaktif mengambil peran dalam upaya gotong royong untuk terus bergerak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *